Diagnosa Masalah Komputer Dengan Clean Boot

Clean Boot adalah salah satu cara troubleshoot atau diagnosa masalah komputer Windows. Dengan Clean Boot anda bisa mengetahui jika masalah dalam komputer anda disebabkan oleh program atau driver. Ketika anda melakukan Clean Boot, maka anda mengupayakan agar program- program, services  atau driver tidak ikut start ketika Windows start, dengan kata lain semua program yang bukan bagian dari Windows tidak ikut start. Lalu bagaimanakah cara melakukannya sehingga anda bisa melakukan diagnosa masalah komputer dengan Clean Boot?. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Tekan tombol WINDOWS + R untuk memunculkan RUN. Ketik msconfig dalam RUN lalu tekan ENTER dan System Configuration akan muncul.

2. Klik tab "Services" dan tandai "Hide all Microsoft services".


3. Selanjutnya klik "Disable all".

4. Selanjutnya klik tab "Startup" dan disable juga semua program- program yang startup bersama Windows. Untuk Windows 8 dan 8.1 anda bisa melakukannya dengan selanjutnya meng-klik "Open Task Manager".



5. Selanjutnya buka Task Scheduler dan disable juga program yang startup. Buka RUN dan ketik control.exe schedtasks.



6. Selanjutnya restart komputer.

7. Jika setelah restart, komputer anda berjalan dengan baik, berarti ada salah satu dari Services, Startup Program yang menyebabkan masalah. Anda bisa mengulanginya beberapa kali seperti pada langkah nomer 2 dan nomer 3 dengan memilih sebagian Services dan Startup Program sampai anda bisa mengidentifikasi yang menjadi penyebab masalah.

8. Setelah anda melakukan Clean Boot dan bermaksud untuk kembali ke Normal Boot, anda bisa pilih "Normal startup" pada tab "General".


Selamat mencoba.

0 Response to "Diagnosa Masalah Komputer Dengan Clean Boot"

Post a Comment