Cara Melakukan System Restore Windows 8.1

System Restore atau System Protection adalah fitur yang bisa digunakan untuk kembali ke kondisi tertentu pada sistem operasi Windows, demikian juga dalam Windows 8.1. Untuk kembali ke kondisi tersebut, anda tinggal memilih Restore Point yang ada, dan Restore Point ini mengandung program yang ter-instal, file sistem, registry serta system settings pada saat Restore Point tersebut dibuat. Jika anda mengalami masalah komputer, anda bisa menggunakan fitur ini sebelum melakukan instal ulang. Cara melakukan System Restore Windows 8.1 adalah sebagai berikut:

1. Tekan tombol WINDOWS + X dan pilih "System".


2. Selanjutnya klik "System Protection".


3. Selanjutnya klik "System Restore".


4. Selanjutnya anda bisa memilih Restore Point yang di-rekomendasikan (Recommended restore) atau memilih Restore Point yang lain (Choose a different restore point). Anda juga bisa melakukan scan terhadap program- program yang terkena dampak dari Restore Point yang anda pilih (Scan for affected program). Klik "Next" untuk lanjut.




5. Setelah anda memilih Restore Point, akan muncul konfirmasi. Klik "Finish" jika anda yakin dengan Restore Point yang anda pilih.


6. Selanjutnya akan ada konfirmasi lagi tentang apakah anda benar- benar ingin melakukan System Restore. Karena jika anda pilih "Yes", anda harus menunggu prosesnya sampai selesai dan tidak bisa melakukan interupsi.


Selanjutnya komputer anda restart dan akan melanjutkan proses System Restore untuk mengembalikan Windows 8.1 ke kondisi sesuai dengan Restore Point yang anda pilih.

Jika anda tidak bisa masuk ke Windows, anda juga bisa menjalankan System Restore melalui Safe Mode with Command Prompt dengan memberikan perintah rstrui.exe lalu tekan Enter. Kalau tidak bisa juga masuk ke Safe Mode, anda bisa melakukannya melalui Advanced Startup Options. Lihat Cara Mengakses Advanced Startup Windows 8.1.

4 Responses to "Cara Melakukan System Restore Windows 8.1"

  1. Ada bbm..ato wa...karna laptop ana sekarang dapet case spt ini

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Ada bbm..ato wa...karna laptop ana sekarang dapet case spt ini

    ReplyDelete