Cara Aman Browsing Dan Menembus Sensor Internet


Ketika anda browsing internet, tanpa anda sadari, sebenarnya anda meninggalkan jejak- jejak yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan anda, demikian juga aktifitas anda di internet. Masalah lain yang juga sering anda dapatkan dalam dunia internet adalah adanya sensor atau pemblokiran situs- situs tertentu. Untuk itu sebagai cara aman browsing dan menembus sensor internet, sebaiknya anda menggunakan Tails.

Tails adalah Live Operating System yang bisa anda download di https://tails.boum.org. Dengan Tails, anda bisa browsing internet dengan aman secara anonymous, menembus sensor internet dan bisa encrypt file, email serta instant messaging.

Untuk menggunakan Tails, anda harus download file ISO dan menyimpannya dalam DVD atau USB Flash Disk sebagai Live CD, atau bisa juga anda gunakan dalam VirtualBox seperti berikut:

Buka VirtualBox dan klik "New".


Selanjutnya beri nama Tails, Type= Linux dan Version= Debian (32) lalu klik "Next".


Selanjutnya klik "Next" dengan membiarkan Memory Size 512 MB.


Selanjutnya, pilih "Do not add a virtual hard drive" dan klik "Create", kemudian selanjutnya klik "Continue".



Selanjutnya klik "Settings" > "Storage", lalu klik "Empty" pada "Controller: IDE". Kemudian klik icon CD pada bagian "Attributes, CD/DVD Drive: IDE Secondary Master" dan pilih "Choose a virtual CD/DVD disk file".


Selanjutnya pilih file ISO Tails yang telah anda download dan klik "Open". Kemudian klik "OK".

Untuk mulai mengoperasikan Tails, klik "Start". Tunggu sebentar dan anda bisa menggunakan Iceweasel Web Browser  pada bagian "Applications" > "Internet" untuk browsing internet dengan aman dan sekaligus bisa menembus sensor internet.



Selamat menikmati privasi di internet dengan Tails. Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk menembus sensor atau pemblokiran, lihat Cara Membuka Situs Yang Diblokir.

0 Response to "Cara Aman Browsing Dan Menembus Sensor Internet"

Post a Comment