Cara Menghindari Program Yang Tidak Diinginkan


Sekarang ini, pada umumnya program atau aplikasi gratis yang di-download dari internet pada umumnya juga menawarkan program- program lain. Jika anda instal program tersebut, kemungkinan besarnya ada program lain yang sebenarnya anda tidak inginkan tapi ikut terinstal karena anda tidak perhatikan waktu melakukan instalasi. Cara menghindari program yang tidak diinginkan seperti ini adalah sebagai berikut.

1. Dalam hal ini, saya berikan contoh dengan meng-instal sebuah program, yaitu Utorrent. Download file-nya dan lakukan instalasi seperti biasanya dan klik "Next".


2. Selanjutnya karena hanya berupa peringatan, klik "Next" untuk lanjutkan instalasi.


3. Selanjutnya masalah "Agreement" penggunaan program, klik "I Agree".


4. Selanjutnya mengenai opsi instal, anda bisa membiarkan semua opsi tercentang dan klik "Next".


5. Selanjutnya masalah konfigurasi, anda bisa langsung klik "Next".


6. Pada tahap selanjutnya anda sebaiknya teliti, ada tawaran khusus yang diberikan. Di sini anda bisa menghilangkan tanda centang pada "Yes, I'd like to check out this download" lalu klik "Next" untuk tidak menerima atau menghindari tawaran tersebut.


7. Nah, langkah selanjutnya anda ditawarkan lagi program "MyPCBackup", Di situ dibilang "Recommended" atau dianjurkan. Untuk menghindari ter-instal-nya program ini, beri tanda centang pada "Decline" dan klik "Finish".


Untuk menghindari program- program yang ditawarkan ketika anda meng-instal program, perhatikan dengan teliti, jangan langsung klik "Next" "Install" atau "Finish"sebelum anda mengerti apa yang akan terjadi.

Anda juga bisa menggunakan Unchecky untuk melakukan uncheck secara otomatis pada program yang sebenarnya anda tidak inginkan ketika meng-instal program.


Ketika anda instal program dan ada program lain yang ingin ikut di-instal, Unchecky akan memberikan peringatan "You are about to install a potentially unwanted program. Are you sure you want to proceed?", klik "Decline potentially unwanted offer (Recommended)" untuk menghindari program yang ingin ikut ter-instal tersebut.


Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghindari Program Yang Tidak Diinginkan"

Post a Comment