Cara Menggunakan Perintah ATTRIB Dalam Windows 7 / 8


Perintah ATTRIB adalah perintah yang digunakan dalam Command Prompt untuk mengganti attribute file, misalnya "Read-only", "Archived", "Hidden" dan "System". Cara menggunakan perintah ATTRIB dalam Windows 7, 8 atau 8.1 adalah dengan syntax ATTRIB [+R | -R] [+A | -A] [+S | -S] [+H | -H]  [+I | -I] [drive: ][path][nama file] [/S] [/D] [/L]. Dimana,

+  = Memasang atribut.
-   = Menghilangkan atribut.
R  = Read-only.
A  = Archived.
S  = System.
H  = Hidden.
/S  = Memproses file dalam folder atau sub-folder.
/D = Memproses folder.

Salah satu contoh yang bisa anda gunakan perintah ATTRIB adalah ketika virus menyembunyikan file  dalam Flash Disk. Misalnya Flash Disk anda adalah drive D:, maka dalam Command Prompt ketik dulu D: untuk masuk ke drive D, lalu berikan perintah attrib -s -r -h /s /d.

Jika anda hanya berikan perintah ATTRIB, maka akan ditampilkan semua file yang ada dalam direktori. Dan jika anda berikan perintah ATTRIB +H nama file, maka file tersebut akan disembunyikan, tapi jika anda berikan perintah ATTRIB -H nama file, maka file tersebut akan muncul lagi.


Jika anda menggunakan +R atau Read-only, maka file tersebut tidak bisa dimodifikasi, sedangkan jika anda menggunakan +S, maka file tersebut ditandai sebagai file sistem.

0 Response to "Cara Menggunakan Perintah ATTRIB Dalam Windows 7 / 8"

Post a Comment