Cara Instal Windows 7 / 8 Menggunakan USB Flash Disk

Jika anda punya laptop yang tidak memiliki DVD drive, maka opsi untuk instal Windows adalah dengan menggunakan USB Flash Disk. Untuk instal Windows dari USB Flash Disk, maka anda harus membuat installer Windows dalam USB Flash Disk. Berikut ini adalah petunjuk cara instal Windows 7 / 8 menggunakan USB Flash Disk:

1. Cara mudah adalah dengan menggunakan software seperti Rufus atau Windows 7 USB/DVD Download Tool. Tapi tentu saja anda harus menyiapkan dulu USB Flash Disk dan file ISO Windows 7 atau Windows 8 / 8.1.


2. Disamping menggunakan software seperti di atas, anda juga bisa menggunakan perintah XCOPY dalam Command Prompt. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan extract file ISO Windows 7 atau Windows 8 / 8.1 dengan menggunakan WinRAR.


Anda juga harus melakukan format terlebih dahulu USB Flash disk yang anda ingin gunakan untuk membuat installer Windows.


Setelah anda selesai melakukan extract dan format, buka folder yang berisi file ISO Windows yang telah di-extract tadi, dalam hal ini saya menggunakan file ISO Windows 8 dan nama foldernya adalah Windows 8. Selanjutnya tekan tombol SHIFT lalu lakukan klik kanan, dan pilih opsi "Open command window here".


Selanjutnya dalam Command Prompt, ketik perintah xcopy *.* G: /e lalu tekan Enter. Huruf G adalah huruf drive untuk USB Flash Disk, yang kemungkinannya adalah beda pada tiap komputer.



Setelah prosesnya selesai, anda sudah bisa menggunakan USB Flash Disk tersebut untuk menginstal Windows, dalam hal ini Windows 7 atau Windows 8 / 8.1. Masuk ke Boot Menu dan pilih boot dari USB. Selanjutnya ikuti langkah- langkah dalam melakukan instalasi Windows 7 atau Windows 8 / 8.1. Lihat Cara Instal Windows 7 atau Cara Instal Windows 8.

Semoga berhasil.

4 Responses to "Cara Instal Windows 7 / 8 Menggunakan USB Flash Disk"