Menghapus Program Yang Tidak Berguna (Bloatware)

Jika anda membeli komputer atau laptop yang lengkap dengan Windows OEM, maka bisa dipastikan bahwa dalam komputer atau laptop tersebut juga disertai dengan program- program yang kemungkinan besarnya tidak anda inginkan. Program- program yang tidak berguna tersebut, yang biasa juga disebut Bloatware atau Crapware, akan ikut mengkonsumsi resources, dan bisa membuat sistem komputer anda lambat. Anda bisa lihat berbagai macam Bloatware atau Crapware dari berbagai Brand komputer atau laptop di shouldiremoveit.com/oems-bloatware. Untuk menghapus program yang tidak berguna atau Bloatware tersebut, anda bisa menggunakan:

1. Should I Remove It.

Dengan program Should I Remove It, anda bisa melihat semua daftar program yang terinstal dalam komputer. Dan jika anda tidak mengetahui secara pasti beberapa program yang terdapat dalam daftar, anda bisa klik program tersebut dan selanjutnya klik "What is it?" untuk mengetahui secara detail program tersebut. Jika anda sudah yakin bahwa anda tidak membutuhkan program tersebut, anda bisa klik "Uninstall" untuk menghapusnya.


2. Program lain yang bisa anda gunakan untuk menghapus Bloatware atau Crapware adalah PC Decrapifier atau SlimComputer.

3. Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghapus Bloatware atau Crapware adalah dengan melakukan Clean Install Windows, tapi jangan menggunakan Installer yang diberikan oleh Produsen komputer anda. Gunakan Installer asli Windows yang sesuai dengan versi Windows yang terinstal dalam komputer anda. Tapi sebelum anda melakukan Clean Install, pastikan anda mengetahui dan mencatat Product Key Windows yang akan dibutuhkan pada saat instal ulang. Dengan melakukan hal ini, maka komputer anda akan terbebas dari program- program yang bukan merupakan bagian dari Windows. Sebagai panduan dalam melakukan instal ulang, anda bisa lihat Cara Instal Windows 7 atau Cara Instal Windows 8.

0 Response to "Menghapus Program Yang Tidak Berguna (Bloatware)"

Post a Comment