Membuat Multiboot USB Dengan XBoot


Jika anda memiliki USB Flash Disk yang misal berkapasitas 4 GB, dan anda meggunakannya untuk menyimpan, misalnya Anti Virus Rescue System, tentu sangat disayangkan, karena size Anti Virus Rescue System tidak lah sampai 1 GB, jadi yang 3 GB tidak dimanfaatkan. Lebih baik anda membuat USB yang multiboot, dimana anda bisa menyimpan beberapa tool untuk troubleshooting atau Linux Live CD. Cara membuat multiboot USB adalah dengan menggunakann XBoot.

Cara penggunaannya sangat mudah, anda tinggal Drag & Drop file boot dalam bentuk ISO ke kolom yang disediakan.


Tapi ketika anda drop file ISO ke kolom tersebut dan XBoot tidak mengenalnya, maka jendela lain akan dimunculkan untuk anda memilih jenis file ISO yang anda masukkan.


Setelah anda menentukan jenis file ISO tersebut, klik "Add this file" untuk memasukkannya ke dalam daftar multiboot.


Setelah anda selesai memasukkan semua file ISO yang anda inginkan dalam XBoot, klik "Create USB" untuk memulai proses pembuatan multiboot USB.


Selanjutnya tentukan USB Flash Disk yang anda ingin gunakan pada "Select USB drive", dan pada bagian "Select Bootloader", sebaiknya anda pilih "Syslinux (Recommended)", kemudian tunggu prosesnya sampai selesai.



Setelah prosesnya selesai dengan sukses, maka ketika anda booting menggunakan multiboot USB yang telah anda buat, maka anda akan bisa memilih booting dari salah satu tool yang telah anda masukkan.


1 Response to "Membuat Multiboot USB Dengan XBoot"