Cara Membuat Installer Umum Windows 7


Installer umum Windows 7 atau yang dikenal juga dengan nama Windows 7 All in One adalah installer Windows 7 yang mengandung beberapa versi Windows 7 sekaligus mengandung 32 bit dan 64 bit dalam satu media. Dengan memiliki Installer umum Windows 7 anda tinggal memilih versi Windows 7 yang anda inginkan waktu melakukan instalasi yang sesuai dengan Product Key Windows 7 yang anda miliki. Cara membuat Installer umum Windows 7 atau Windows 7 All in One adalah dengan mempersiapkan beberapa tool berikut:

1. Installer Windows 7 dalam bentuk DVD atau file ISO, yang 32 bit dan 64 bit.
2. Windows Automated Installation Kit
3. PowerISO untuk melakukan extract.
4. ImgBurn untuk membuat image dan burning ke DVD.

Selanjutnya buat dua folder di root C;\ dan beri nama misalnya Windows7_32 dan Windows7_64 lalu copy file dari DVD Windows 7 atau extract dari file ISO Windows 7 ke folder yang sesuai di root C:\.


Setelah semua file instalasi Windows 7 berada dalam foldernya masing- masing, jalankan Command Prompt Windows Automated Installation Kit. Klik Start > All Programs > Microsoft Windows AIK, lalu klik kanan Deployment Tools Command Prompt dan pilih "Run as Administrator".


Selanjutnya jalankan perintah berikut dalam Command Prompt dengan masing- masing menekan tombol "Enter":

- imagex /export "C:\Windows7_64\Sources\install.wim" 1 "C:\Windows7_32\Sources\install.wim" "Windows Home Basic"


- imagex /export "C:\Windows7_64\Sources\install.wim" 2 "C:\Windows7_32\Sources\install.wim" "Windows Home Premium"


- imagex /export "C:\Windows7_64\Sources\install.wim" 3 "C:\Windows7_32\Sources\install.wim" "Windows Professional"


- imagex /export "C:\Windows7_64\Sources\install.wim" 4 "C:\Windows7_32\Sources\install.wim" "Windows Ultimate"


Selanjutnya buka folder Windows7_32 > Sources dan delete file ei.cfg.


Selanjutnya buka ImgBurn dan klik "Create image file from files/folders" untuk membuat image dari Installer umum Windows 7.


Klik "File" dan pilih "Browse for a source folder". Selanjutnya pilih folder Windows7_32 yang berada di root C:\, karena folder inilah yang mengandung installer umum atau Universal Installer Windows 7. Tentukan juga tempat untuk menyimpan image atau file ISO pada bagian "Destination". Selanjutnya klik tab "Advanced" > "Bootable Disc" pada bagian kanan dan beri tanda centang pada "Make Image Bootable", dan pada bagian "Boot Image" navigasi ke C:\Windows7_32\boot\etfsboot, pada "Sector To Load" ganti 4 menjadi 8, dan pada bagian "Options" jadikan File System menjadi UDF, anda juga bisa memberi Label sesuai keinginan.  Setelah pengaturan selesai, klik icon "folder dan image" untuk memulai proses pembuatan image installer umum Windows 7.


Tunggu prosesnya sampai selesai. Selanjutnya anda bisa melakukan burning Windows7_32.ISO ke DVD dengan menggunakan ImgBurn atau membuat installernya dalam USB Flash Disk dengan menggunakan Rufus.

Ketika anda melakukan instalasi dengan menggunakan Installer umum Windows 7 yang telah dibuat seperti di atas, maka anda bisa memilih versi yang sesuai dengan lisensi yang anda miliki seperti dalam image berikut.



Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Installer Umum Windows 7"

Post a Comment