Mengenal Windows 8.1

Sistem Operasi Windows 8.1 secara resmi dirilis pada tanggal 17 Oktober 2013 dan telah tersedia dalam bentuk update untuk Windows 8 dalam Windows Store. Selanjutnya pada tanggal 18 Oktober 2013 telah terdapat dalam bentuk retail. Bagi pengguna Windows 8, tentu saja bisa melakukan update secara gratis ke Windows 8.1, sedangkan untuk pengguna Windows XP, Vista, dan 7 harus merogoh kantong untuk membeli lisensi baru. Tapi sebelum melakukan upgrade, sebaiknya anda mengenal Windows 8.1 terlebih dahulu.

Windows 8.1 adalah merupakan update Windows 8, yang berarti jika anda mengenal Windows 8, maka anda juga telah sedikit mengenal Windows 8.1. Tapi sebagai update, tentu saja ada hal baru yang ditambahkan. Apalagi jika anda telah menggunakan Windows 8.1 Preview sebelumnya.

Windows 8.1 Edition adalah:

1. Windows RT
2. Windows 8.1
3. Windows 8.1 Pro
4. Windows 8.1 Enterprise

Beberapa fitur baru dalam Windows 8.1 adalah kembalinya Start Button, bisa langsung boot ke Desktop, bisa menggunakan background yang sama pada Desktop dan Start Screen. Termasuk Built-in Sky Drive yang memungkingkan syn dengan device Windows lainnya.


Di samping itu terdapat juga Advanced Features yang terdapat dalam Windows 8.1, diantaranya:

1. Mobile Tethering
Dengan fitur ini, Windows 8.1 memiliki kemampuan untuk melakukan sharing melalui 3G atau 4G antara antara device lewat wifi, menjadikan Windows tablet atau laptop sebagai hotspot.

2. Per-Display Interface Scaling
Dengan fitur ini, anda bisa mengatur tampilan pada display secara tersendiri, misalnya anda menggunakan dua monitor. Untuk mengakses fitur ini, klik kanan pada Windows desktop, lalu pada menu dropdown pilih "Screen Resolution", kemudian pilih "Make text and other items larger or smaller".

3. InstantGo
Dengan fitur ini dalam device yang compatible, bisa membuat data dan aplikasi dalam keadaan sync ketika device dalam keadaan sleep, juga bisa memanfaatkan full encryption yang mencegah seseorang mengakses data penting.

4. Wifi Direct Pairing
Dengan fitur ini, Windows device bisa langsung terhubung dengan printer tertentu tanpa harus gabung ke local wireless network atau instal driver.

5. Miracast Wireless Display
Dengan fitur ini, anda bisa terhubung dengan TV yang memiliki Miracast wireless.

Jika anda tertarik melakukan upgrade, lihat:

Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1

Cara Upgrade Windows XP, Vista, 7 ke Windows 8.1

Jika Windows 8.1 mengalami masalah, lihat:

Cara Refresh Windows 8.1

Cara Melakukan System Restore Windows 8.1

Cara Mengakses Safe Mode Windows 8.1

Jika anda ingin mendapatkan Installer Windows 8.1, lihat:

Cara Mendapatkan Installer Windows 8.1

0 Response to "Mengenal Windows 8.1"

Post a Comment