Menggunakan Anti Virus Rescue Disk Untuk Menghapus Malware Atau Virus


Banyak perusahaan pembuat program Anti Virus yang juga menyediakan Anti Virus Rescue Disk yang bisa anda gunakan untuk menghapus malware atau virus secara offline. Keuntungan dari Anti Virus Rescue Disk adalah karena proses scanning malware atau virus dilakukan ketika malware atau virus tersebut dalam keadaan tidak aktif, jadi lebih memudahkan untuk dihapus atau dibersihkan. Jika komputer anda tidak bisa booting atau sangat lambat karena pengaruh malware atau virus, maka sebaiknya anda menggunakan dulu Anti Virus Rescue Disk sebelum menggunakan program lainnya untuk membersihkan komputer anda dari infeksi malware atau virus. Cara menggunakan Anti Virus Rescue Disk untuk menghapus malware atau virus adalah dengan meng-copy Anti Virus Rescue Disk ke dalam CD atau USB Flash Disk dengan program tertentu yang bisa membuat CD atau USB Flash Disk tersebut bootable. Jika anda memilih CD, maka untuk membuat CD yang bisa booting, maka anda bisa lihat Cara Membuat CD/DVD Yang Bisa Booting. Tapi jika anda memilih USB Flash Disk, maka anda bisa melihat Cara Membuat Bootable USB Drive.

Setelah anda membuat Anti Virus Rescue Disk dalam CD atau USB Flash Disk, maka gunakan media tersebut untuk booting. Anda bisa mengatur boot melalui BIOS atau langsung menekan tombol tertentu untuk mengakses Boot Menu.

Ada beberapa Anti Virus yang menyediakan Rescue Disk yang bisa anda gunakan secara gratis, diantaranya adalah:

1. Kaspersky.
Anda bisa lihat post Mengatasi Masalah Infeksi Virus Komputer untuk melihat cara menggunakan Kaspersky Rescue Disk.

2. AVG.
AVG menyediakan AVG Rescue CD secara gratis, yang bisa anda gunakan untuk melakukan scan malware atau virus secara offline.


3. Bitdefender.
Bitdefender juga menyediakan Bitdefender Rescue CD secara gratis. File ISO-nya berukuran sekitar 379 MB. Untuk lebih lengkapnya, lihat Cara Menghapus Virus Dengan Bitdefender Rescue CD.

4. Avira.
Avira juga menyediakan Avira Rescue System yang tersedia dalam bentuk file ISO dan EXE. Juga tersedia User Manual jika anda ingin mempelajari secara lebih detail. Untuk lebih lengkapnya, lihat Menghapus Virus Yang Bandel Dengan Avira Rescue System.


5. ArcaVir.
ArcaVir menyediakan ArcaNix yang juga mirip dengan Rescue Disk.


6. Dr.Web.
Dr.Web menyediakan Dr.Web Live CD yang bisa anda gunakan untuk melakukan scan terhadap malware atau virus, terutama jika komputer anda tidak bisa booting.

7. eScan Rescue Disk

8. F-Secure Rescue CD

9. Panda SafeCD

Demikianlah daftar beberapa Anti Virus Rescue Disk yang bisa anda gunakan untuk melakukan rescue atau penyelamatan terhadap komputer anda dari infeksi malware atau virus.

2 Responses to "Menggunakan Anti Virus Rescue Disk Untuk Menghapus Malware Atau Virus"