Cara Instal Windows 8 Dari USB

Sekarang ini banyak komputer atau laptop yang tidak dilengkapi dengan CD / DVD Drive, tapi rata- rata dilengkapi dengan fitur boot dari USB. Oleh karena itu bagi yang ingin memudahkan proses instalasi Windows 8, sebaiknya membuat installer Windows 8 dalam USB Flash disk, karena cara instal Windows 8 dari USB adalah dengan membuat installer Windows 8 dalam USB Flash Disk.

Ada beberapa program yang bisa anda gunakan untuk membuat installer Windows 8 dalam USB, diantaranya adalah Windows 7 USB/DVD Download Tool atau Rufus. Tapi anda juga bisa membuat installer Windows 8 dalam USB secara manual. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka Buka Command Prompt sebagai Administrator dan berikan perintah diskpart lalu tekan Enter.
2. Selanjutnya berikan perintah list disk lalu tekan Enter. Di sini anda harus ingat nomer dari USB Flash Disk yang anda ingin gunakan. Anda bisa ketahui dengan melihat size-nya.
3. Selanjutnya berikan perintah select disk 1 lalu tekan Enter, dimana 1 adalah nomer dari USB Flash Disk.
4. Selanjutnya berikan perintah clean lalu tekan Enter untuk menghapus partisi jika terdapat dalam USB Flash Disk.
5. Selanjutnya berikan perintah create partition primary lalu tekan Enter.
6. Selanjutnya berikan perintah select partition 1 lalu tekan Enter.
7. Selanjutnya berikan perintah active lalu tekan Enter.
8. Selanjutnya berikan perintah format FS=NTFS quick lalu tekan Enter untuk memformat partisi dalam bentuk NTFS.
9. Selanjutnya berikan perintah assign lalu tekan Enter. Dengan demikian anda telah membuat USB Flash Disk tersebut bootable. Dan anda sudah bisa keluar dari diskpart dengan memberikan perintah exit.


Proses selanjutnya adalah dengan meng-copy file installer Windows 8 ke USB Flash Disk. Jika anda menggunakan Windows 8 dalam bentuk ISO, maka anda bisa melakukan Mount (Lihat Cara Mount Dan Burn File ISO Window 8), sehingga file Windows 8 tersebut memiliki huruf drive meskipun dalam bentuk virtual drive. Sedangkan jika anda menggunakan file Windows 8 dalam bentuk DVD, maka anda tinggal memasukkan huruf drive dari DVD Drive. Untuk meng-copy file Windows 8 ke USB, maka anda bisa gunakan perintah xboot  x:\*.*  y:\  /e  /f  /h lalu tekan Enter. Dimana x adalah huruf drive sumber Windows 8, sedangkan y adalah huruf drive USB Flash Disk yang telah anda persiapkan tadi. Tunggu proses copy sampai selesai.


Jika telah selesai, maka anda sudah bisa menggunakan USB Flash Disk tersebut untuk Instal Windows 8. Dalam BIOS atau Menu Boot, pilih USB sebagai sumber boot.

Selanjutnya anda bisa lihat Cara Instal Windows 8 untuk melihat proses atau langkah- langkah instalasi Windows 8.

Sebagai tambahan, anda bisa lihat Program Untuk Membuat USB Yang Bisa Booting.

0 Response to "Cara Instal Windows 8 Dari USB"

Post a Comment