Repair Windows 8 Dengan Command Prompt

Command Prompt adalah tool atau sarana yang terdapat dalam setiap versi Windows, termasuk Windows 8. Command Prompt kadang bisa digunakan untuk memperbaiki atau repair masalah tertentu dalam Windows 8, misalnya untuk memperbaiki Master Boot Record, memeperbaiki atau repair file Windows yang corrupt dan masalah lainnya. Command Prompt bisa diakses melalui Advanced Startup (Lihat Cara Repair Windows 8) dan juga bisa diakses dalam Windows 8 sendiri. Untuk repair Windows 8 dengan Command Prompt, lakukan langkah- langkah berikut:

1. Klik Command Prompt dalam "Advanced options".
2. Setelah restart, pilih akun anda.


3. Selanjutnya ketik password akun anda, lalu klik "Continue".


 4. Setelah restart, Command Prompt akan muncul. Selanjutnya ketik perintah berikut dengan masing- masing menekan "Enter" untuk repair masalah startup Windows 8:
- bootrec.exe /fixmbr
- bootrec.exe /fixboot
- bootrec.exe /scanos
- bootrec.exe /rebuilbcd


5. Sedangkan untuk repair file yang rusak atau corrupt, ketik perintah perintah sfc /scannow /offboodir=C: \ /offwindir=D:\Windows, dengan asumsi bahwa C: adalah partisi System Reserved dan D: adalah partisi System Windows 8. Untuk mengetahui partisi tersebut, anda bisa jalankan perintah diskpart dan list volume terlebih dahulu.


Anda juga bisa lihat Cara Menggunakan Bootrec.exe sebagai tambahan.

6 Responses to "Repair Windows 8 Dengan Command Prompt"