Repair Windows 7 Dengan System Image


Untuk repair Windows  dengan System Image, termasuk Windows 7, maka anda harus sebelumnya membuat dulu sebuah System Image melalui fitur Backup (Lihat Cara Membuat System Image Windows 7). System Image adalah salinan atau copy dari sistem Windows secara keseluruhan, termasuk file sistem dan file- file pribadi anda pada saat anda membuat System Image tersebut. Cara repair Windows 7 dengan System Image bisa dijalankan melalui tiga cara, yaitu:

1. Melalui Control Panel.
Jika komputer anda masih bisa booting masuk ke Windows, maka anda bisa repair Windows dengan System Recovery melalui Control Panel > All Control Panel Items > Recovery > Advanced Recovery Methods:


Klik "Use a System Image you created earlier to recover your computer". Selanjutnya anda bisa backup dulu file- file anda dengan memilih "Backup", atau pilih "Skip" jika anda mau langsung melakukan recovery dan selanjutnya klik "Restart".
2. Melalui Pre-installed Recovery Options, yang bisa diakses dengan menekan tombol F8 pada saat komputer booting, sebelum muncul logo Windows.
3. Melalui System Recovery, yang bisa diakses dengan menggunakan DVD / USB Installer Windows 7 atau System Repair Disc (Lihat Cara Repair Windows 7 Dengan System Recovery).
Setelah anda pilih opsi "System Image Recovery", tentukan System Image yang anda ingin gunakan sebagai recovery, anda bisa pilih "Use the latest available system image (Recommended)" atau "Select a system image", lalu klik "Next".
Jika anda cuma memiliki satu partisi, maka anda bisa langsung klik "Next" dengan mark pada "Format and repartition disks", atau anda bisa juga klik "Exclude disks" jika ada partisi lain yang anda mau pertahankan.


Selanjutnya perhatikan dengan seksama System Image yang anda pilih, dan jika anda sudah yakin untuk lanjut, klik "Finish". Kemudian klik "Yes" pada pesan "All disks to be restored will be formatted and replaced with layout and data in the system image. Are you sure you want to continue?". Dan proses restore dengan menggunakan System Image yang anda pilih akan dimulai, lama prosesnya tergantung pada besarnya data pada System Image. Tunggu prosesnya sampai selesai.

2 Responses to "Repair Windows 7 Dengan System Image"

  1. Untuk repair windows 7 ini biasanya dilakukan kapan ya min? Website Gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terserah kapan aja. Misalnya kalo Windows udah lelet, ga bisa start, crash atau sering 'hang'. Tapi System Image-nya harus memang telah dibuat terlebih dulu.

      Delete