Mengenal Device Driver


Device driver atau yang sering disebut dengan driver saja adalah sebuah software atau program yang memberitahu sistem operasi atau sebuah software bagaimana cara berkomunikasi dengan hardware. Bisa juga diibaratkan sebagai penerjemah antara sistem operasi / software dan hardware.

Jadi, hardware apa saja yang anda hubungkan dengan komputer anda, maka hardware tersebut harus mempunyai driver yang sesuai atau compatible dengan sistem operasi yang anda gunakan, kalau tidak, bisa- bisa hardware tersebut tidak berfungsi dan malah bisa menimbulkan masalah bagi sistem operasi.

Hardware seperti printer, scanner, network card, graphic card, sound card, web camera, storage dan lainnya mempunyai versi driver yang diperuntukkan untuk versi sistem operasi tertentu. Kadang juga pihak produsen mengeluarkan update driver bagi harware mereka untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerjanya. Anda bisa lihat postingan Cara Update Driver Yang Tepat jika anda ingin melakukan update driver, atau bisa juga anda kunjungi website produsen hardware tersebut.

0 Response to "Mengenal Device Driver"

Post a Comment