Mengatasi Masalah Infeksi Virus Komputer

Beberapa waktu lalu saya mengalami masalah dengan komputer, sistem berjalan dengan sangat lambat dan malah kadang freeze. Saya meyakini bahwa kemungkinan besar masalah ini adalah disebabkan oleh virus atau malware karena saya memang sering download dari internet, maka hal pertama yang saya lakukan adalah segera melakukan full scan dengan anti virus yang saya gunakan, yaitu Kaspersky Internet Security 2013. Tapi setelah full scan selesai, sistem komputer saya belum membaik. Maka saya putuskan untuk menggunakan fasilitas Kaspersky yang lain yaitu membuat Rescue Disk sebagai solusi untuk mengatasi masalah infeksi virus komputer yang saya alami.
Langkah- langkah untuk untuk menggunakan Kaspersky Rescue Disk adalah sebagai berikut:
1. Buka Kaspersky Internet Security 2013 dan klik Tools.


2. Klik "Create" pada bagian "Kaspersky Rescue Disk".
3. Klik "Next" pada window "Create and record Kaspersky Rescue Disk on a CD / DVD or USB flash drive".
4. Pilih opsi "Download ISO image from Kaspersky Lab server" jika anda belum memiliki file ISO Kaspersky Rescue Disk, tapi jika anda sudah download sebelumnya, pilih opsi "Copy ISO image from local or network drive" (saya menggunakan opsi ini), kemudian klik "Next".
5. Klik "Browse" untuk menentukan path file ISO image Kaspersky Rescue Disk lalu klik "Next".
6. Klik "Next" pada window "Updating disk image" untuk melakukan update pada antivirus database dan file konfigurasi.
7. Pada bagian "Recording data", anda bisa pilih opsi "Record to CD / DVD" atau "Record to USB flash drive" (saya pilih opsi USB flash drive). Setelah anda tentukan pilihan, klik "Next".
8. Klik "Next" jika USB flash disk telah terdeteksi. Tunggu proses sampai selesai.
9. Klik "Finish" untuk keluar dari wizard pembuatan Kaspersky Rescue Disk.
Selanjutnya gunakan media Kaspersky Rescue Disk yang telah anda buat untuk booting dan scan sistem komputer yang telah terinfeksi virus. Pilih opsi booting dari CD / DVD atau USB dengan menekan tombol yang sesuai dengan komputer anda untuk mengakses Menu Boot.
A. Ketika anda telah booting melalui Kaspersky Rescue Disk, klik salah satu tombol untuk masuk ke Menu.
B. Pilih "Bahasa" dengan menggunakan tombol arrow lalu tekan Enter.
C. Tekan tombol 1 untuk Accept Agreement.
D. Pilih opsi "Kaspersky Rescue Disk Graphic Mode" lalu tekan Enter.
E. Selanjutnya berikan tanda pada direktori yang anda ingin scan, tentu yang penting dalam hal ini adalah direktori tempat instalasi Windows, kemudian klik "Start Objects Scan" untuk memulai scan.


Tapi anda tidak harus memiliki Kaspersky untuk melakukan hal ini, karena ISO image Kaspersky Rescue Disk dan Utility untuk melakukan copy ke USB flash disk bisa di-download gratis di http://support.kaspersky.com.
Setelah saya lakukan proses ini sampai selesai, maka sistem komputer saya kembali normal, dan semoga juga bisa membantu anda menyelesaikan masalah infeksi virus komputer.

0 Response to "Mengatasi Masalah Infeksi Virus Komputer"

Post a Comment