Cara Memperbaiki / Repair Windows 7


Jika anda adalah pengguna Windows 7, dan telah merasakan ada kelainan dengan sistem anda, misalnya response jadi lambat, kadang freeze atau hang, maka anda akan tiba pada keputusan untuk repair Windows 7 anda, atau malah instal ulang. Tapi kalau anda tetap ingin mempertahankan file, setttings dan program yang anda miliki sekarang dalam sistem anda, maka sebaiknya anda hanya melakukan repair.
Kali ini saya akan memberikan postingan tentang cara memperbaiki atau repair Windows 7 dengan menggunakan DVD atau USB Installer yang anda gunakan untuk melakukan instal Windows 7, dengan catatan anda masih bisa masuk ke Desktop. Harap perhatikan juga bahwa jika DVD atau USB Windows 7 anda belum memiliki SP1, sedangkan anda telah instal SP1 dalam sistem anda, maka anda harus uninstall dulu SP1 tersebut. Sebaiknya anda juga melakukan Disk Clean-up sebelum melakukan repair untuk menghapus semua temporary dan junk file serta melakukan uninstall atau disable security program seperti anti virus atau firewall, demikian juga backup file- file penting. Setelah semuanya siap, lakukan langkah- langkah berikut:

1. Masukkan DVD atau USB Windows 7.
2. Buka direktori DVD atau USB Windows 7 dan klik kanan file "setup" lalu pilih "properties".


2. Pada setup Properties, klik tab "Compatibility" dan berikan tanda pada "Run this program in compatibility mode for:" dan pilih "Windows Vista (Service Pack 2). Pastikan juga memberi tanda pada "Run this program as administrator".  Hal ini dimaksudkan untuk menghindari compatibility issue.


3. Double-click "setup" untuk memulai proses repair.
4. Klik "Install now".


5. Sebaiknya lakukan update untuk proses instalasi.


6. Beri tanda pada "I accept agreement license" lalu klik "Next".


7. Klik "Upgrade". Jadi bukan "Custom" yang dipilih, karena tujuan kita dalam hal ini adalah repair, bukan instal ulang Windows.


8. Selanjutnya Windows akan melakukan Compatibility checking, ketika muncul Compatibility report, klik "Next".


9. Proses berikutnya adalah Windows akan masuk ke proses "Upgrade" dengan maksud untuk repair.


Maksud dari "Upgrade" di sini bukan dalam artian yang sebenarnya, tapi sekedar repair file sistem Windows 7 yang corrupt atau rusak, sehingga Windows 7 akan kembali jadi fresh. Selama proses "Upgrade" ini, Windows akan melakukan beberapa proses, diantaranya:
- Copying Windows files.
- Gathering files, settings and programs.
- Expanding Windows files.
- Installing features and updates.
- Restart
- Transferring files, settings and programs.
- Restart.
- Updating registry settings.
- Installing devices and settings.
- Restart.
- Melanjutkan transfer file, settings dan programs.
- Removing temporary installation files.
- Restart.
- Anda diminta untuk memasukkan product key Windows 7. Jadi sebaiknya anda sudah mempersiapkan product key anda.
- Pilih opsi untuk instal updates.
- Pilih pengaturan tanggal dan waktu.
- Selanjutnya Windows akan melakukan pengaturan final sampai anda masuk ke Desktop.
Dengan selesainya langkah- langkah di atas, maka Windows 7 anda telah kembali ke kondisi yang fresh.
Disamping cara ini, anda juga bisa memperbaiki atau repair Windows 7 dengan menggunakan System Recovery Options, lihat postingan Cara Repair Windows 7 Dengan System Recovery.
Semoga anda bisa mengambil manfaat dari postingan ini.


2 Responses to "Cara Memperbaiki / Repair Windows 7"

  1. Pak kalo recovery itu dikarenakan paa ya pak? Apakah karena virus atau kerusakan hardware? Dan karena kerusakan pd notebook jd sy tidak punya cd dan usb installernya...apakah aa cara lain pak? Terimakasih pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Recovery itu bisa karna virus atau file Windows yg corrupt, bukan masalah hardware. Kalo laptop-nya ada partisi recovery yg disediakan oleh produsen laptop, ga perlu ada installer. Tapi kalo ga ada, ya harus menggunakan installer yg sama dengan Windows yg terinstal.

      Delete