Cara Membuka File Tanpa Extension

Ketika saya membuka beberapa folder dalam direktori download, saya tertarik dengan satu file dengan nama "May". Apa yang membuat saya tertarik dengan file ini adalah file ini tidak memiliki extension, dan file ini juga tidak diasosiasikan dengan salah satu aplikasi dalam komputer saya, saya tambah penasaran. Apakah anda juga pernah mengalami hal yang serupa?, terus apa yang anda lakukan?. Setiap file biasanya memiliki extension, jika pun tidak kelihatan, tapi kalau anda membuka "Properties" file tersebut, maka anda bisa mengetahui extension-nya. Tapi beda dengan file "May" tadi. Ketika saya klik kanan dan pilih "Properties", pada "Type of files" hanya diberi nama "File".


Setelah melakukan beberapa percobaan, maka saya berhasil mengetahui cara membuka file tanpa extension tersebut, yaitu dengan menggunakan Hex Editor untuk mengetahui extension atau tipe file tersebut lebih dahulu. Ada banyak Hex Editor, tapi saya menggunakan yang freeware atau gratis, yaitu XVI32. Aplikasi ini tidak butuh instalasi, cukup dibuatkan satu direktori dan extract file xvi32.rar ke direktori tersebut, selanjutnya buka XVI32.exe untuk menjalankannya.
Setelah membuka file "May" tadi dengan menggunakan Hex Editor XVI32, maka saya sudah bisa mengetahui extension file tersebut, yaitu "Epub". Dengan demikian, saya sudah bisa membukanya dengan aplikasi "Calibre".


Jika anda menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui extension dari satu file, maka anda cukup fokus pada panel bagian kanan, karena pada bagian kiri hanyalah Hex viewer. Perhatikan baik- baik text pada panel bagian kanan, karena kata kunci yang anda cari tidak langsung ditampilkan dengan jelas. Jika anda tidak menemukan sesuatu yang mengarah pada file extension, maka anda bisa scroll ke bawah untuk mencari sesuatu yang bisa memberikan petunjuk dengan lebih jelas.
Anda juga bisa menggunakan TrIDNet (lihat Mengetahui Extension File Dengan TrIDNet) untuk mengidentifikasi extension atau tipe dari suatu file.
Selamat mencoba.

2 Responses to "Cara Membuka File Tanpa Extension"

  1. bose boleh nanya di luar topik g tentang masalah transper memakai CD KRATH FLESDIS memakai kartu memori HP''''kenapa selalu no conection atau terputus ,flie eror, ke format sendiri and folder cres'''''pd saat transper data dari memori hp ke computer dan juga sebaliknya di semua prangkat,
    computer,leptop,dan di TV

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin formatnya ga sesuai. Apa udah coba menggunakan card reader?. Maaf kalo ga nyambung, soalnya kurang ngerti tentang CD KRATH. Makasih udah mampir.

      Delete