Mengetahui Extension File Dengan TrIDNet


Saya telah memberikan postingan tentang adanya kemungkinan seseorang mendapatkan sebuah file yang tidak diketahui tipe file atau extension-nya (lihat postingan Cara Membuka File- Tanpa Extension ). Salah satu alternatif yang saya tawarkan untuk mengetahui extension sebuah file adalah dengan menggunakan TrIDNet. Untuk itu pada kesempatan ini, saya akan memberikan penjelasan secara detail bagaimana cara mengetahui extension file dengan menggunakan TrIDNet.
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah men-download file TrIDNet.zip dan TrID XML defs. Dimana TrIDNet.zip mengandung aplikasi TrIDNet, sedangkan TrID XML defs adalah berbagai defenisi tentang file extension. Setelah anda download kedua file tersebut, extract dan simpan dalam direktori atau folder yang sama.


Seperti pada gambar di atas, Aplikasi TrIDNet berada dalam satu folder dengan file- file defenisi (XML Document). Untuk membukanya, double-click TrIDNet dan selanjutnya klik "Rescan Defs". Hal ini anda lakukan hanya satu kali pada saat pertama membuka aplikasi TrIDNet. Selanjutnya klik "Browse" dan tentukan file yang anda ingin ketahui extension atau tipe filenya lalu klik "Open". Maka selanjutnya aplikasi TrIDNet akan menganalisa file tersebut dan memberikan hasilnya setelah beberapa detik.


Semoga dengan tutorial ini, anda tidak lagi kebingungan ketika menemukan file yang tidak diketahui tipe atau extension-nya. 

0 Response to "Mengetahui Extension File Dengan TrIDNet"

Post a Comment