Memperbaiki Komputer Windows Selalu "Hang"

Komputer dengan Sistem Operasi Windows sering mengalami masalah yang sangat menjengkelkan, yaitu "hang". Biasanya hang terjadi pada saat setelah booting atau ketika mau shutdown, sering juga terjadi pada mouse atau keyboard. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, apalagi jika anda sedang mengerjakan sesuatu, anda harus menunggu sampai mouse dan keyboard bisa berfungsi. Setelah berfungsi, bisa kembali ke kondisi "hang" lagi.
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer Windows selalu "hang". Untuk memperbaiki komputer Windows selalu "hang", lakukan langkah- langkah berikut:

1. Virus, Spyware dan Malware adalah penyebab utama komputer Windows selalu "hang". Terutama jika anda sering download aplikasi- aplikasi dari internet, mengunjungi malicious site, atau terinfeksi dari external hard drive. Untuk itu, anda harus update virus defenition anti virus yang anda gunakan dan melakukan scan secara menyeluruh semua yang terdeteksi. Tapi cara yang terbaik adalah dengan menggunakan Anti Virus Rescue CD misalnya AVG Rescue CD untuk melakukan scan dan menghapus semua virus, spyware dan malware dari komputer anda. Lihat Menggunakan Anti Virus Rescue Disk Untuk Menghapus Malware atau Virus.

2. Banyak aplikasi yang beroperasi dalam waktu yang bersamaan juga bisa menyebabkan komputer Windows selalu "hang", karena tiap aplikasi yang beroperasi membutuhkan tempat dalam RAM atau memory. Untuk itu, operasikan aplikasi yang sedang anda butuhkan saja, tutup aplikasi- aplikasi lain yang tidak anda butuhkan. Anda bisa liat pada tray di task bar aplikasi- aplikasi yang sedang beroperasi, klik kanan aplikasi yang anda sedang tidak butuhkan dan klik "Exit". Jika anda butuh mengoperasikan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan, maka sebaiknya pertimbangkan untuk upgrade RAM. Lihat Cara Menambah RAM Komputer.


3. Windows Registry yang corrupt juga bisa menyebabkan komputer Windows selalu "hang". Seiring dengan seringnya anda instal dan uninstal aplikasi bisa meninggalkan invalid entries. Anda bisa gunakan Ccleaner membersihkan registry dari invalid entries atau memperbaiki registry yang corrupt. Lihat Daftar Program Untuk Membersihkan Registry.

4. Lakukan perbaikan file system Windows yang rusak atau corrupt. Lihat:

Cara Memperbaiki Corrupted File Windows 7

Cara Memperbaiki Corrupted File Windows 8 atau 8.1

5. Lakukan perbaikan Windows dengan Windows Repair (All In One). Lihat Cara Repair Windows Dengan Windows Repair All In One.

Semoga dengan melakukan hal di atas, komputer anda dengan Sistem Operasi Windows tidak "Hang" lagi.

0 Response to "Memperbaiki Komputer Windows Selalu "Hang""

Post a Comment