Solusi Masalah Shutdown Windows XP

Masalah Shutdown dalam Windows XP adalah isu yang sering muncul, kadang anda lakukan Shutdown tapi malah yang terjadi adalah Restart, dan kadang pesan "Windows is shutting down" berlangsung begitu lama, dan malah kadang tidak bisa Shutdown sama sekali. Ada beberapa penyebab dari masalah Shutdown dalam Windows XP, bisa jadi masalah Software, file yang corrupt atau bad sector, masalah hardware konflik atau error, dan masalah driver. Untuk mencari solusi masalah Shutdown Windows XP, maka anda bisa lakukan troubleshoot terhadap kemungkinan penyebab tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan:

1. Jalankan "Chkdsk" atau "Scandisk" dari Recovery Disk Windows XP untuk memperbaiki bad sector,  jalankan System Repair untuk memperbaiki file- file yang corrupt, atau lakukan System Restore.
2. Update driver. Anda bisa gunakan Device Manager atau aplikasi seperti Driver Magician atau Driver Robot untuk melakukan update driver.
3. Troubleshoot hardware untuk melihat adanya hardware error atau konflik. Anda bisa lihat tutorial Cara Troubleshooting Masalah Hardware.
4. Lakukan uninstall dengan aplikasi uninstaller seperti Revo Uninstaller Free untuk membuang software secara komplit. Terutama jika anda mengalami masalah Shutdown setelah uninstal program.

Anda juga bisa melakukan troubleshooting untuk mengetahui sumber permasalahan, misalnya jika anda bisa shutdown dengan lancar dalam Safe Mode, berarti tidak ada masalah pada file sistem. Bisa juga anda coba booting dari Live CD, dan jika bisa shutdown dengan lancar, berarti tidak ada masalah dengan hardware.

0 Response to "Solusi Masalah Shutdown Windows XP"

Post a Comment