Solusi Masalah Komputer Selalu Restart Otomatis

Jika komputer selalu restart secara otomatis tanpa peringatan atau warning terlebih dahulu, tentu sangat menjengkelkan, dan anda tidak bisa mengetahui masalah yang menyebabkan hal tersebut. Namun kita bisa asumsikan bahwa komputer akan restart otomatis karena adanya kegagalan pada sistem komputer atau system failure. Solusi bagi masalah komputer yang selalu restart otomatis seperti ini adalah dengan melakukan disable pada Automatically restart jika terdapat system failure. Caranya adalah dengan klik kanan pada Computer > Properties > Advanced system settings, pada bagian Startup and recovery klik Settings, kemudian pada bagian System failure, hilangkan tanda centang pada kotak kecil Automatically restart, kemudian klik OK.


Setelah anda melakukan pengaturan ini, maka pada saat komputer anda mengalami system failure, komputer anda tidak lagi restart secara otomatis, tapi akan muncul Blue Screen yang akan menampilkan pesan error. Catat pesan error yang muncul pada monitor anda dan cari solusinya di internet dengan Google Search. Banyak situs yang bisa memberikan solusi bagi pesan- pesan error yang muncul pada komputer.
Hal lain yang sering menyebabkan komputer restart secara otomatis dan malah shutdown adalah karena processor yang overheat. Periksa fan komputer anda, juga fan dan heatsink pada processor. Pastikan bahwa sistem pendingin dalam komputer dan processor berfungsi dengan baik.


0 Response to "Solusi Masalah Komputer Selalu Restart Otomatis"

Post a Comment