Cara Melakukan Tes Pada Memory(RAM)

Memory yang sudah rusak bisa menyebabkan prilaku Windows atau sistem operasi lainnya tidak menentu. Dalam Windows bisa menyebabkan freeze atau Blue Screen of Death. Memory adalah hardware yang sangat sensitif, oleh karena itu sebaiknya jika anda mengalami kelainan dalam prilaku Windows, sebaiknya melakukan tes pada memory, dan jika tes gagal, maka segera ganti memory komputer anda. Cara melakukan tes pada memory(RAM) adalah dengan menggunakan bantuan tool atau softwate, diantaranya:

1. Memtest86.
Tool ini adalah standalone software, yang tidak membutuhkan sistem operasi untuk menjalankannya. Anda hanya butuh untuk download filenya yang berbentuk ISO dan melakukan burning pada CD dan digunakan untuk booting.

 Jika komputer anda memiliki lebih dari satu module memory, maka sebaiknya anda melakukan tes tersendiri pada masing- masing module. Jika memory anda tidak bermasalah, maka proses tes akan berjalan dengan lancar tanpa error, dan tes yang gagal akan terdapat laporannya di kolom error. Semua proses tes bisa berlangsung beberapa jam, tergantung dari ukuran memory anda.


2. Windows Memory Diagnostic Tool.


Untuk melakukan tes ini, klik Start > Control Panel > Administrative Tools. Dalam Windows 7, Administrative Tool terdapat dalam System and Security, sedangkan Windows Vista terdapat dalam System and Maintenance. Klik icon Windows Memory Diagnostic Tool dan pilih "Restart now and check for problem". Setelah restart, Windows Memory Diagnostic Tool akan melakukan tes menyeluruh pada memory, dan setelah selesai proses tes, Windows akan restart lagi. Hasil tes bisa anda lihat di notification area.

4 Responses to "Cara Melakukan Tes Pada Memory(RAM)"

  1. Annisa..sm aja kok meski di win8..di adminstrative tools

    ReplyDelete
  2. Annisa..sm aja kok meski di win8..di adminstrative tools

    ReplyDelete
  3. Annisa..sm aja kok meski di win8..di adminstrative tools

    ReplyDelete