Cara Membuat CD/DVD Yang Bisa Booting

Membuat CD/DVD yang bisa booting adalah penting, terutama dalam proses instal operating system, atau untuk membuat Rescue CD. Di internet sekarang anda bisa download file dalam bentuk ISO Image untuk operating system seperti Windows dan Linux. File ISO ini yang merupakan salinan dari CD/DVD, harus dijadikan CD/DVD yang bisa booting dulu, baru kemudian bisa digunakan untuk meng-instal operating system dalam komputer. Untuk membuat CD/DVD yang bisa booting, anda bisa menggunakan bantuan software seperti PowerISO yang bisa anda download trialnya di http://www.poweriso.com, atau ImgBurn yang bisa anda download secara gratis di http://www.imgburn.com.

1. Download, instal dan buka PowerISO.


2. Klik 'Open' dan pilih file ISO yang anda ingin jadikan CD/DVD yang bisa booting, lalu klik 'Open'.

3. Setelah anda klik 'Open', file- file yang terkandung dalam file ISO tersebut akan ditampilkan dalam window PowerISO. Selanjutnya klik 'Burn'.


   4. Selanjutnya tentukan 'Burning Speed'. Dalam menentukan 'Burning Speed', sebaiknya anda pilih yang minimal antara 3x atau 4x. Sebaiknya anda juga memilih opsi 'Verify written' data dengan memberikan tanda pada kotak kecil di samping 'Verify written data'. Jangan lupa masukkan CD/DVD ke dalam optical drive, dan sebaiknya anda menggunakan CD/DVD RW.
5. Setelah anda tentukan setting atau pengaturannya, klik 'Burn' sekali lagi. Selanjutnya PowerISO akan memulai proses burning atau pembuatan CD/DVD yang bisa digunakan untuk booting. Tunggu sampai proses burning selesai, dan PowerISO akan mengeluarkan CD/DVD secara otomatis dari optical drive.

0 Response to "Cara Membuat CD/DVD Yang Bisa Booting"

Post a Comment