Cara Mengetahui Mac Address Network Device

MAC (Media Access Control) adalah identitas unik yang diberikan pada network device sebagai sarana komunikasi dalam sebuah network. Mac Address ini biasanya ditentukan oleh pembuat network device tersebut, baik itu Ethernet maupun Wireless. Jika anda ingin menghubungkan device anda dengan sebuah jaringan atau network, Mac Address tidak lah perlu untuk anda ketahui. Hanya saja jika anda misalnya ingin mengaktifkan Mac Filter pada Router, maka anda harus mengetahui Mac Address tiap- tiap device yang anda ingin tentukan mana yang bisa atau tidak bisa menggunakan Router tersebut. Cara mengetahui Mac Address network device adalah sebagai berikut:

1. Uutuk mengetahui Mac Address pada komputer Windows, anda bisa membuka Command Prompt sebagai Administrator dan mengetik perintah  getmac /v /fo list lalu menekan Enter. Perintah lain yang bisa anda gunakan adalah ipconfig /all. Selanjutnya anda bisa melihat Mac Address pada bagian "Physical Address".


2. Untuk mengetahui Mac Address pada komputer Linux, buka Command Shell dan ketik perintah ifconfig -a. Selanjutnya anda bisa lihat Mac Address pada bagian "HWaddr".

3. Untuk mengetahui Mac Address pada Andoid Device, masuk ke "Settings" > "About Device" > "Hardware Information" atau "Status", dan anda bisa lihat Mac Address pada "Wi-Fi MAC Address".

4. Untuk mengetahui Mac Address pada komputer Mac OS, masuk ke "System Preferences" > "Network" > "Wifi" atau "Ethernet", lalu klik tab "Hardware".

Demikianlah cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui Mac Address pada berbagai device.

0 Response to "Cara Mengetahui Mac Address Network Device"

Post a Comment