Menyembunyikan Partisi Menggunakan Windows Registry

Jika hard disk dalam komputer anda memiliki beberapa partisi, misalnya dua atau tiga, atau lebih, maka anda bisa menyembunyikan salah satunya sehingga orang lain tidak bisa melihatnya. Dengan demikian, anda bisa menyimpan file atau data yang sifatnya pribadi atau penting dalam partisi tersebut. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyembunyikan partisi, diantaranya anda bisa lihat pada post Cara Menyembunyikan Partisi Windows. Tapi selain cara tersebut, anda juga bisa menggunakan Windows Registry. Cara menyembunyikan partisi menggunakan Windows Registry adalah sebagai berikut:

1. Buka Registry Editor dan telusuri HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Jika tidak terdapat "Explorer", anda bisa menambahkan New Key dan beri nama "Explorer".


2. Selanjutnya klik "Explorer" dan pada bagian kanan Registry Editor anda bisa lihat "NoDrives", jika tidak ada, anda bisa membuat New Binary Value dan beri nama "NoDrives".


3. Selanjutnya double-click "NoDrives" dan berikan nilai sesuai drive letter partisi yang anda ingin sembunyikan. Anda bisa lihat di http://support.microsoft.com/kb/555438 daftar value pada tiap drive letter partisi. Misalnya saya karena hanya memiliki dua partisi dan ingin menyembunyikan partisi E, maka nilai yang saya masukkan adalah 10 00 00 00 lalu klik "OK".


4. Efeknya akan efektif setelah anda lakukan restart. Seperti pada gambar berikut anda bisa lihat partisi dalam komputer saya sebelum dan sesudah melakukan perubahan dalam Windows Registry.



Jika anda ingin membuka partisi yang telah anda sembunyikan dengan menggunakan Windows Registry, caranya adalah dengan membuka RUN, bisa dengan menekan tombol WINDOWS + R lalu mengetik drive letter drive dan menekan ENTER. Untuk memunculkan kembali partisi tersebut, anda bisa ganti value "NoDrives" menjadi 00 00 00 00 atau menghapusnya.


Demikianlah cara mudah untuk menyembunyikan partisi dalam Windows tanpa harus meng-instal program.

0 Response to "Menyembunyikan Partisi Menggunakan Windows Registry"

Post a Comment