Solusi USB Disk Berkurang Kapasitas

Saya mengalami masalah dengan USB Flash Disk setelah melakukan copy file untuk menjadikan USB Flash Disk tersebut bootable. Entah karena kesalahan apa, sehingga USB Flash Disk yang tadinya berkapasitas 8 GB, sekarang berkurang menjadi 2.81 GB. Ketika saya lihat dalam Disk Management, USB Flash Disk tersebut terbagi menjadi tiga partisi, partisi pertama berukuran 2.81 GB, partisi kedua 62 MB dan partisi ketiga 4.60 GB dalam kondisi Unallocated. Solusi USB Disk yang berkurang seperti ini, tentu saja dengan jalan menyatukan kembali ketiga partisi tersebut. Sayangnya, Disk Management tidak punya opsi "Delete Partition" dalam kondisi ini. Untuk itu saya menggunakan AOMEI Partition Assistant untuk melakukannya, seperti berikut ini:

1. Anda bisa lihat kondisi USB Flash Disk saya jika dilihat melalui "This PC".


2. Kondisinya jika dilihat dalam AOMEI Partition Assistant.


3. Sebagai solusi terhadap masalah seperti ini jika ada diantara pembaca yang mengalaminya adalah dengan menghapus partisi yang ada sehingga menjadikannya Unallocated agar kembali menjadi satu partisi saja. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada partisi yang ada dan memilih opsi "Delete Partition". Lakukan hal ini pada partisi pertama dan kedua. Tapi anda harus melakukannya pada salah satunya terlebih dahulu dan meng-klik "Apply" untuk melanjutkan operasi yang pending. Kemudian klik "Proceed", lalu klik "Yes".




4. Setelah anda melakukan hal di atas, maka sekarang ketiga partisi telah menyatu dalam kondisi masih Unallocated. Selanjutnya adalah melakukan format atau membuat partisi baru agar USB Flash Disk tersebut bisa kembali digunakan dengan kapasitas seperti semula, yaitu 8 GB. Klik kanan dan pilih opsi "Create Partition", lalu klik "OK". Kemudian klik "Apply".



5. Selanjutnya anda bisa lihat kondisi USB Flash Disk saya yang telah kembali ke kapasitas semula.


Demikianlah solusi yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan kapasitas USB Disk yang berkurang kapasitasnya.

0 Response to "Solusi USB Disk Berkurang Kapasitas"

Post a Comment