Menambah Ukuran Partisi Windows

Dalam Hard Disk komputer saya terdapat dua partisi, yaitu C dan G. Partisi C adalah tempat instalasi Windows yang besarnya 135 GB, sedangkan partisi G adalah tempat menyimpan data. Saya berencana untuk melakukan dual boot dengan Kali Linux. Untuk itu saya butuh untuk menambah besar ukuran partisi Windows menjadi sekitar 145 GB, dimana 45 atau 50 GB nantinya saya alokasikan untuk instalasi Kali Linux. Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan alasan yang mungkin berbeda dengan saya. Cara menambah ukuran partisi Windows dalam kondisi seperti ini  bisa dengan menggunakan AOMEI Partition Assistant, caranya sebagi berikut:

1. Jalankan AOMEI Partition Assistant dan lakukan "Resize Partition" dengan klik kanan pada partisi kedua, dalam hal ini partisi G dalam komputer saya.


2. Selanjutnya tentukan besar yang anda ingin kurangi atau shrink dari partisi kedua atau partisi data dengan meng-klik pada ujung partisi dan menggesernya sampai sesuai dengan besar ukuran yang anda inginkan, dalam hal ini saya butuh sekitar 10 GB. Setelah anda atur, klik "OK".


3. Selanjutnya klik kanan Partisi Windows dan pilih opsi "Merge Partition", yaitu opsi untuk menggabung partisi Windows dengan ruang yang anda ambil dari partisi kedua agar partisi Windows menjadi lebih besar.


4. Selanjutnya berikan tanda centang pada "Unallocated" yang telah anda buat tadi dan klik "OK".


5. Anda akan melihat ukuran partisi Windows telah bertambah, tapi sebenarnya hal itu masih "Pending". Untuk melanjutkan prosesnya, anda harus klik "Apply" untuk mengaplikasikan perubahan tersebut.


6. Selanjutnya klik "Proceed".


7. Selanjutnya klik "Restart Now" untuk melanjutkan prosesnya setelah restart. Anda perlu menunggu prosesnya sampai selesai, anda tidak perlu lagi melakukan sesuatu sampai masuk ke Windows.


8. Setelah restart, tampilannya akan terlihat seperti berikut, jangan menekan tombol apapun. tunggu sampai selesai dan masuk ke Windows.


9. Setelah masuk ke Windows, anda akan bisa melihat ukuran partisi yang telah bertambah. Sebagaimana dalam komputer saya, partisi Windows yang sebelumnya 135 GB, sekarang telah menjadi 146 GB.


Demikianlah bagaimana cara menambah besar ukuran partisi Windows. Cara ini juga bisa anda gunakan untuk menggabung partisi. 

0 Response to "Menambah Ukuran Partisi Windows"

Post a Comment