Solusi PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Dalam komputer saya muncul permintaan update terhadap Driver Wireless LAN, dan saya download lalu instal Driver yang ditawarkan. Setelah instal, Wireless LAN berfungsi dengan baik. Masalah muncul setelah saya melakukan "Sleep" komputer. Pada saat bangun dari "Sleep", muncul Blue Screen dengan STOP Error PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA. Masalah ini muncul tiap kali setelah Windows "Sleep". Kemudian saya berusaha mencari solusi masalah PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA ini. Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan membuka WhoCrashed.


Cara penggunaan WhoCrashed adalah otomatis, setelah terbuka, kita hanya butuh klik tombol "Analyze" dan WhoCrashed secara otomatis mencari file Crash Dump yang dibuat oleh Windows ketika terjadi Blue Screen atau Crash.


Selanjutnya WhoCrashed akan menampilkan hasil analisanya. Seperti dalam gambar berikut, anda bisa melihat setelah menganalisa 2 file Crash Dump, WhoCrashed memberikan "Conclusion" bahwa penyebab munculnya STOP Error PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA adalah rtwlane.sys, yaitu Driver Realtek Wireless LAN.



Setelah mengetahui penyebabnya, maka hal yang perlu saya lakukan adalah kembali ke Driver yang komputer saya gunakan sebelumnya, lihat Cara Kembali Ke Driver Sebelumnya.

Bisa juga menggunakan System Restore untuk kembali ke kondisi sebelum instal Driver yang baru, lihat:

System Restore Pada Windows 7

Cara Melakukan System Restore Windows 8

Cara Melakukan System Restore Windows 8.1

Jika anda telah melakukan hal tersebut di atas dan masalah PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA masih muncul, maka sebaiknya anda lihat tutorial Cara Memperbaiki Blue Screen atau Crash.

Bagi yang ingin menambahkan atau memberi saran, jangan ragu memasukkannya dalam kolom komentar. Wassalam.

3 Responses to "Solusi PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA"