Cara Reset Password Windows 8.1, 8, atau 7

Lupa password Administrator Windows adalah suatu malapetaka bagi pengguna komputer Windows. Tapi untung ada program dan trik yang bisa digunakan untuk melakukan Reset Password. Salah satu program yang bisa digunakan untuk melakukan Reset password Administrator Windows adalah NT Password & Registry Editor, lihat Cara Reset Password Dengan NT Password. Sedangkan cara lainnya adalah dengan menggunakan trik. Tapi sebelumnya saya ingatkan bahwa cara ini harus anda lakukan pada komputer anda atau jika pada komputer orang lain, harus dengan persetujuannya. Cara reset password Windows 8.18, atau 7 dengan trik adalah sebagai berikut:

1. Untuk melakukan trik ini, anda harus masuk ke opsi "Repair your computer" dan memilih opsi "Command Prompt". Untuk pengguna Windows 7, bisa melihat Cara Repair Windows 7 Dengan System Recovery. Sedangkan untuk pengguna Windows 8 atau 8.1, bisa melihat Cara Repair Windows 8. Intinya adalah dengan melakukan boot menggunakan Installer Windows yang sama dengan Edisi Windows yang anda gunakan dan memilih opsi "Repair your computer" dan selanjutnya memilih "Command Prompt".

2. Setelah membuka Command Prompt, berikan perintah copy c:\windows\system32\utilman.exe c:\ dan tekan "ENTER". Tapi jika Windows dalam komputer anda terinstal di D:\, maka ganti c:\ menjadi d:\.

3. Selanjutnya ketik perintah copy c:\Windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\utilman.exe dan tekan "ENTER". Kemudian ketik Yes dan tekan "ENTER" untuk melakukan overwrite.


4. Selanjutnya keluar dari Command Prompt dengan perintah exit dan lakukan restart. Ketika masuk ke Windows, klik "Ease of Access" untuk memunculkan Command Prompt.


5. Selanjutnya ketik perintah net user namauser passwordbaru dan tekan "ENTER". Seperti saya, karena nama user yang saya gunakan adalah abid, maka saya ketik perintah net user Abid 321, dimana 321 adalah password baru yang saya inginkan. Jika nama user anda dua kata, maka gunakan tanda kutip, misalnya net user "Abid Faqih" 321. Pada langkah ini lah tempat untuk melakukan Reset password, jadi password yang anda pilih adalah password untuk anda gunakan login masuk Windows.


5. Selanjutnya anda sudah bisa login menggunakan password baru yang telah anda buat dalam proses Reset tadi. Seperti saya, password 321 adalah password baru saya untuk login masuk Windows 8.1. Tapi sebaiknya anda kembalikan file utilman.exe ke tempatnya semula. Caranya dengan melakukan seperti pada langkah 2 dan mengetik perintah copy c:\utilman.exe c:\windows\system32\utilman.exe dan tekan "ENTER". Kemudian ketik Yes dan tekan "ENTER" untuk melakukan overwrite.


Demikianlah cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan Reset password jika password Windows 8.1, 8 atau 7 telah anda lupakan.

Semoga bermanfaat. Bagi yang ingin menambahkan atau memberi komentar, jangan ragu memasukkannya dalam kolom komentar.

0 Response to "Cara Reset Password Windows 8.1, 8, atau 7"

Post a Comment