Cara Menganalisa Memory Dump File

Memory Dump File adalah file yang dibuat oleh Windows jika sewaktu- waktu Windows mengalami crash atau Blue Screen of Death (BSOD), dikenal juga dengan nama Crash Dump. Ada 3 tipe Memory Dump File yang dibuat oleh Windows ketika terjadi Crash, yaitu Complete Memory Dump, Kernel Memory Dump dan Small Memory Dump. Jika komputer Windows anda mengalami Crash atau BSOD, maka anda bisa menganalisa Memory Dump File untuk mengetahui penyebab Crash atau Blue Screen tersebut. Cara menganalisa Memory Dump File bisa dengan menggunakan WhoCrash.

WhoCrash (anda bisa menggunakan Home Edition yang gratis) bisa menganalisa driver yang menyebabkan komputer mengalami Crash atau Blue Screen. Karena sebagian besar penyebab Crash adalah masalah hardware, meskipun ada juga disebabkan oleh Kernel Error.

Untuk menganalisa Memory Dump File menggunakan WhoCrash, anda cukup klik tombol "Analyze".


Selanjutnya WhoCrash akan memberikan hasil analisa tentang kemungkinan driver yang menyebabkan Crash atau Blue Screen, termasuk kesimpulan atau Conclusion tentang cara yang bisa anda tempuh untuk memberikan solusi terhadap Crash yang komputer anda alami.


WhoCrash juga akan memberikan petunjuk tentang cara menjadikan enable jika Memory Dump File atau Crash Dump tidak di-enable dalam komputer anda. Lihat selengkapnya pada tutorial Solusi PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA.

Selain WhoCrash, anda juga bisa menggunakan BlueScreenView untuk menganalisa Memory Dump File. BlueScreenView akan melakukan scan terhadap file dump yang dibuat oleh Windows ketika terjadi Blue Screen atau Crash dan akan menampilkan nama file dump. waktu dan tanggal terjadinya Blue Screen. informasi tentang Blue Screen, serta driver atau module yang kemungkinan menjadi penyebab Blue Screen.


Demikianlah program yang bisa anda gunakan untuk menganalisa Memory Dump File sebagai usaha untuk mencari solusi jika terjadi Blue Screen of Death. Bagi yang ingin menambahkan atau memberi saran, jangan ragu untuk memasukkannya dalam kolom komentar.

1 Response to "Cara Menganalisa Memory Dump File"