Solusi Masalah "No bootable device"


Apakah anda pernah menyalakan komputer dengan sistem operasi Windows dan muncul pesan "No bootable device - Insert boot disk and press any key". Hal ini mungkin membuat anda melakukan instal ulang, padahal sebenarnya masalah ini masih bisa diperbaiki tanpa instal ulang. Ada beberapa penyebab sehingga hal ini muncul, biasanya masalah pada Master Boot Record, NTLDR, partisi yang active dan masalah lainnya, sehingga Windows tidak bisa boot atau start. Solusi masalah "No bootable device" adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut:

1. Lakukan boot dengan Installer Windows yang sesuai dengan versi Windows yang anda gunakan. Lihat Cara Repair Windows 7 Dengan System Recovery atau Cara Repair Windows 8.

2. Pilih opsi "Repair your computer".


3. Selanjutnya pilih opsi "Command Prompt".


4. Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan perintah dalam Command Prompt dan menekan ENTER pada masing- masing perintah. Berikut adalah daftar perintah yang anda gunakan:

- bootrec.exe /fixmbr

- bootrec.exe /fixboot

- bootrec.exe /rebuildbcd

5. Jika langkah di atas belum menyelesaikan masalah, masuk lagi dalam Command Prompt dan berikan perintah:

bcdedit /export C:\BCD_Backup

C:

cd boot

attrib bcd -s -h -r

ren C:\boot\bcd bcd.old

bootrec /rebuildbcd

6. Anda juga bisa mengganti partisi yang active, yaitu dengan menandai active partisi yang menyimpan instalasi Windows. Masuk lagi dalam Command Prompt dan gunakan perintah:

diskpart

list disk

select disk x (dimana x adalah disk yang anda gunakan)

list partition

select partition x (dimana x adalah partisi yang ingin dijadikan active)

active

Demikianlah beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika mengalami masalah "No boot device" atau masalah booting lainnya pada komputer anda.

0 Response to "Solusi Masalah "No bootable device""

Post a Comment