Cara Aman Menghapus OS Dual Boot


Jika anda mempunyai sistem dual boot Windows dan bermaksud menghapus salah satunya, maka yang perlu anda ingat adalah mana OS yang pertama anda instal, karena OS yang pertama terinstal inilah yang biasanya mengandung file boot atau Bootmgr. Jika anda langsung menghapus OS yang mengandung Bootmgr, maka bisa- bisa OS yang anda pertahankan tidak bisa boot lagi. Untuk itu, sebagai cara aman menghapus OS dual boot, lakukan langkah- langkah berikut:

1. Boot menggunakan OS yang anda ingin pertahankan dan buka Disk Management. Perhatikan OS mana yang mengandung Bootmgr dan Active.


2. Seperti pada gambar di atas, saya memiliki sistem dual boot Windows 7 dan Windows 8.1. Windows 8.1 tersimpan di partisi D dan inilah yang pertama saya instal, dan ini juga yang Active dan mengandung Bootmgr. Tapi saya ingin mempertahankan Windows 7 yang saya instal setelah Windows 8.1. Saat ini saya boot menggunakan Windows 7 dan akan memindahkan Bootmgr ke C. Lihat Cara Memindahkan Bootmgr.

3. Setelah Bootmgr dipindahkan atau di-copy ke C, maka OS yang lainnya sudah aman untuk dihapus, apakah dengan menggunakan Delete Volume atau Format.

4. Jika menu dual boot masih muncul, maka anda bisa membuka msconfig dan menghapus OS lainnya.



Bisa juga menggunakan EasyBCD dengan memilih opsi "Edit Boot Menu" lalu tandai OS yang akan dihapus dan klik "Delete". Selanjutnya klik "Save Settings".


Demikianlah langkah yang bisa anda gunakan untuk menghapus OS dalam sistem dual boot dengan aman.

0 Response to "Cara Aman Menghapus OS Dual Boot"

Post a Comment