Membuat DVD Dari File Video


Jika anda mempunyai file video dan ingin menontonnya dengan menggunakan DVD Player, misalnya anda mempunyai Home Theatre, maka anda bisa saja membuat DVD dari file video tersebut. Cara mudah dan gratis membuat DVD dari file video adalah dengan menggunakan DVD Flick (Lihat Burning Video Ke DVD Dengan DVD Flick) atau Free DVD Creator.

Kedua software tersebut sangat mudah digunakan, di sini saya menggunakan Free DVD Creator untuk membuat DVD dari file video.

1. Setelah anda download dan instal Free DVD Creator, buka dan klik " Create Video DVD".


2. Untuk melakukan pembuatan DVD dari berbagai jenis file video, sebaiknya anda melakukan download dan instal beberapa Codec. Untuk memulai proses pembuatan DVD, klik "Add" untuk memilih file video yang ingin anda jadikan DVD. Sebelum anda klik "Next", perhatikan Video Settings dengan baik.


3. Selanjutnya anda bisa edit Menu DVD dan klik "Show / Hide Preview Window" untuk melihat hasil editan anda.


4. Untuk melakukan edit pada "Title", "Background" dan "Title #1", lakukan double-click dan masukkan judul dan latar yang anda inginkan. Anda bisa juga mengganti jenis huruf. Jika telah selesai mengedit Menu, klik "Next".


5. Langkah selanjutnya adalah klik "Start Burning".


6. Jika tidak bisa langsung burning, anda bisa pilih opsi convert dan muxing dulu untuk mengubah file video menjadi file DVD.


7. Setelah proses conver dan muxing selesai, anda bisa restart Free DVD Creator dan pilih opsi "Video DVD Burner". Selanjutnya klik "Add Video_TS Diectory" dan pilih Video_TS yang berada dalam direktori C:\DVDTemp\0, lalu klik "OK".


8. Selanjutnya klik "Next Step".


9. Selanjutnya dengan DVD telah berada dalam DVD Drive, klik "Start Burning".



Setelah proses burning selesai, DVD akan di-eject secara otomatis dan DVD tersebut sudah bisa anda mainkan menggunakan DVD Player.

0 Response to "Membuat DVD Dari File Video"

Post a Comment