Cara Menghapus Virus Dengan Bitdefender Rescue CD


Bitdefender adalah salah satu Anti Virus top yang bisa diandalkan. Mulai diluncurkan pada tahun 2001 dan pernah mendapatkan penghargaan Advanced+ Certification. Jika anda tidak bisa membeli produk dari Bitdefender, tersedia Bitdefender Rescue CD yang bisa digunakan secara gratis untuk melakukan scan dan menghapus virus dengan cara booting. Cara menghapus virus dengan Bitdefender Rescue CD adalah dengan membuat media dalam bentuk CD atau USB Flash Disk, atau bisa juga langsung boot dari file ISO Bitdefender Rescue CD (lihat Cara Boot Langsung Dari File ISO).

Untuk membuat media Bitdefender Rescue CD dalam USB Flash Disk, anda bisa gunakan Rufus. Setelah anda download file ISO dan Rufus serta menyiapkan satu USB Flash Disk ukuran 1 GB ke atas, buka Rufus dan pastikan USB Flash Disk terdeteksi pada bagian "Device", pengaturan lainnya biarkan secara default.
Untuk menentukan path file ISO Bitdefender Rescue CD, klik icon di samping "Create a bootable disk using: ". Selanjutnya klik "Start" untuk memulai proses pembuatan media boot dalam USB.


Setelah prosesnya selesai, masukkan USB Flash Disk yang berisi Bitdefender Rescue CD ke komputer yang ingin di-scan, lalu nyalakan komputer. Ketika komputer start, tekan tombol yang sesuai dengan komputer anda untuk mengakses Menu Boot dan pilih opsi USB, atau anda bisa atur dalam BIOS.


Selanjutnya langsung tekan "Enter" untuk memilih opsi "Start Bitdefender Rescue CD in English".


Kemudian beri tanda centang pada box "By checking this box I agree to the license agreement listed above" lalu klik "Continue".


Jika scan langsung start, berarti Bitdefender akan melakukan scan pada semua hard drive. Jika anda ingin scan hanya pada satu drive, klik "Cancel". Kemudian klik tombol "Scan Now".


Selanjutnya klik drive yang anda ingin scan lalu klik "Open".


Selanjutnya Bitdefender akan melakukan scan pada drive yang anda pilih. Biarkan prosesnya berjalan sampai selesai.


Jika terdapat file yang terdeteksi sebagai virus atau malware, pada masing- masing file, tentukan opsi yang anda inginkan, apakah Take no action, Disinfect, Delete, atau Rename. Jika anda sudah menentukan opsi pada masing- masing file, klik "Fix Issues" untuk menjalankan opsi yang anda pilih.


Demikianlah tutorial untuk menggunakan Bitfender Rescue CD dalam menangani masalah virus komputer.

2 Responses to "Cara Menghapus Virus Dengan Bitdefender Rescue CD"

  1. ikut berbagi gan ! untuk buat bootable bitdefender rescue cd 2015 sebaiknya pakai stickifier karena rufus 14.12 tidak bisa membaca syslinux terbaru dari bitdefender rescue cd 2015.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya. Bitdefender juga memang menyarankan untuk menggunakan Stickifier untuk membuat Bootdefender Rescue dalam USB Flash Disk.

      Delete