Cara Menghapus Atau Uninstall Windows Update

Windows Update adalah support yang secara berkala diberikan oleh Microsoft untuk Sistem Operasi Windows, yang biasanya menyangkut Security atau Hotfix, serta program. Windows Update dimaksud untuk meningkatkan Security atau keamanan dan meningkatkan performa komputer. Tapi jika ada Windows Update yang anda merasa perlu untuk menghapusnya atau uninstall, maka hal tersebut bisa anda lakukan. Cara menghapus atau uninstall Windows Update adalah sebagai berikut:

Jika anda mengetahui Windows Update yang anda ingin hapus atau uninstall, masuk ke Control Panel > System and Security > Windows Update > View installed updates. Selanjutnya pilih Windows Update yang anda ingin hapus lalu klik "Uninstall".


Tapi jika anda ingin menghapus Windows Update yang kira- kira sudah tidak penting lagi dan hanya mengambil ruang yang tidak sedikit dalam hard disk, maka anda bisa menggunakan Disk Cleanup. Windows Update tersimpan dalam direktori C:\Windows\winsxs. Anda bisa lihat properties folder tersebut dan mungkin kaget dengan size-nya.


Dengan menghapus Windows Update yang tidak diperlukan lagi, anda bisa membebaskan hard disk beberapa GB.

Buka Disk Cleanup dan klik "Clean up system files".


Selanjutnya scroll ke bawah dan pastikan tanda centang pada "Windows update cleanup", lalu klik "OK".


Anda bisa lihat dalam image di atas saya bisa membebaskan ruang dalam hard disk sebanyak 1.66 GB. Selanjutnya klik "Delete files".


Jika anda menggunakan Windows 7 dan opsi "Windows update cleanup" tidak ada, maka anda bisa download Windows Update untuk itu.

Untuk Windows 7 32 Bit

Untuk Windows 7 64 Bit


1 Response to "Cara Menghapus Atau Uninstall Windows Update"

  1. udah download
    dan pas scan juga udah ada tulisa windows update clean up
    tapi pas mau di centang
    kenapa ga ada y ???

    ReplyDelete