Mengetahui File Dalam Hard Drive Dengan WinDirStat


Setelah berapa lama anda menggunakan komputer Windows, tentu banyak file yang tersimpan dan menumpuk dalam hard drive, yang kemungkinannya anda tidak mengetahui semua file tersebut. Jika file- file telah menumpuk dan anda bermaksud untuk menghapus file- file yang kemungkinannya anda tidak butuhkan, maka cara mudah untuk mengetahui file dalam hard drive adalah dengan menggunakan File Inspector WinDirStat. Anda bisa mengetahui file apa saja yang terlalu banyak menempati ruang dalam hard drive dan sekaligus menghapusnya.

Ketika anda membuka WinDirStat, anda bisa pilih untuk melihat file dalam semua drive atau hanya pada drive tertentu. Tapi sebaiknya anda memilih "All Local Drives" untuk melihat file dalam semua drive.


Setelah anda klik "OK" maka WinDirStat akan melakukan scan terhadap file- file yang ada dalam drive. Tunggu sejenak sampai proses scan selesai.


Setelah scan selesai, WinDirStat akan menampilkan file- file dalam bentuk blok, ada yang berukuran besar dan ada juga yang kecil, serta dengan warna yang sesuai dengan jenis file.


Inspeksi terlebih dahulu blok yang berukuran besar, yang menempati banyak ruang dalam hard drive dan WinDirStat akan memberi informasi tentang file tersebut dan lokasinya dalam drive.


Jika anda ingin menghapus file tersebut, klik "Clean Up", anda bisa pilih opsi langsung dihapus atau ke Recycle Bin terlabih dahulu.


Dengan WinDirStat, anda bisa mengetahui semua file yang ada dalam hard drive komputer anda dan menghapusnya untuk membebaskan beberapa GB ruang dalam hard drive.

0 Response to "Mengetahui File Dalam Hard Drive Dengan WinDirStat"

Post a Comment