Cara Menyembunyikan Folder Atau File

Dengan alasan tertentu seseorang mungkin ingin menyembunyikan folder atau file, misalnya dengan alasan dia tidak ingin orang lain melihat folder atau file tersebut karena sifatnya personal. Software seperti Wise Folder Hider bisa saja digunakan untuk menyembunyikan folder atau file, tapi anda juga bisa melakukannya tanpa menginstal software. Cara menyembunyikan folder atau file dalam Windows tanpa menginstal software adalah dengan menggunakan Command Prompt atau Folder / File Properties.

1. Menyembunyikan folder atau file dengan Command Prompt.

Buka Command Prompt dengan privileged Administrator dan berikan perintah attrib +s +h c:\path folder atau file, lalu tekan "Enter". Ganti c:\path folder atau file dengan path atau file dalam komputer anda. Cara mudah untuk menentukan path adalah dengan melakukan klik kanan pada bar window explorer ketika anda membuka folder atau file yang anda ingin sembunyikan dan pilih "copy address" dan paste dalam Command Prompt.


Jika anda ingin memunculkan kembali folder atau file yang telah disembunyikan, ketik perintah attrib -s -h c:\path folder atau file, kemudian tekan 'Enter".


2. Menyembunyikan folder atau file dengan Folder / File Properties.

Klik kanan folder atau file yang anda ingin sembunyikan dan pilih "Properties". Selanjutnya beri tanda pada kotak kecil "Hidden" lalu klik "OK".


Jika folder tersebut memiliki sub-folder atau file, maka akan ditampilkan opsi "Apply changes to this folder only" atau "Apply changes to this folder, subfolders and files".


Untuk menampilkan kembali folder yang telah disembunyikan dengan Folder Properties, buka Folder Options dalam Control Panel. Klik tab "View" dan beri tanda pada "Show hidden files, folders and drives", kemudian klik "OK".


Selanjutnya klik kanan folder atau file yang anda sembunyikan tadi dan pilih "Properties". Hilangkan tanda dalam kotak kecil "Hidden" lalu klik "OK". Demikian juga pada opsi yang anda pilih sebelumnya, apakah "Apply changes to this folder only" atau "Apply changes to this folder, subfolders and files".

Lihat juga Cara Mengamankan Data Penting Dalam Komputer.

3 Responses to "Cara Menyembunyikan Folder Atau File"

  1. Cukup berikan dot (.) sebelum nama file atau direktori, maka file tersebut akan di-hidden dalam Linux.

    ReplyDelete
  2. cara membuka laptop yang lupa password administratornya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Windows apa?. Password Windows bisa di-reset pake NT Password, bisa lacak password-nya pake Ophcrack, bisa masuk Windows tanpa tahu password pake Kon-Boot.

      Delete