Cara Burning File ISO Windows Atau Linux

Windows atau Linux dalam bentuk file ISO adalah file yang merupakan image atau salinan dari CD atau DVD, dan file ini bisa dikembalikan lagi menjadi bentuk CD atau DVD dengan cara di-burning. Tapi yang menjadi perhatian adalah bahwa file ISO tersebut adalah installer dari sistem operasi Windows atau Linux, jadi ketika di-burning menjadi bentuk CD atau DVD harus bisa digunakan untuk meng-instal sistem operasi, dalam hal ini harus bisa booting. Cara burning file ISO Windows atau Linux agar bisa booting atau bootable adalah dengan menggunakan burning software yang punya fitur burning bootable media, seperti ImgBurn atau PowerISO (Lihat Cara Burning ISO Windows Ke DVD Dengan PowerISO).

ImgBurn adalah software yang gratis. Untuk burning file ISO Windows atau Linux menggunakan ImgBurn, anda bisa klik kanan file ISO tersebut dan pilih "Open with", selanjutnya pilih ImgBurn. Bisa juga anda buka dulu ImgBurn dan klik "Write image file to disk".


Selanjutnya klik "File" dan pilih "Browse for a source file" untuk memilih file ISO Windows atau Linux yang ingin di-burning.


Setelah anda tentukan Source File, atur Write Speed, dalam hal ini karena yang di-burning adalah bootable file, maka sebaiknya pilih kecepatan yang rendah, antara 3x atau 4x.


Anda bisa tandai "Verify" untuk melakukan verifikasi setelah burning selesai. Selanjutnya klik icon "Image to disk" untuk memulai proses burning".


Jika anda menggunakan CD atau DVD yang telah beisi file, Klik"Yes" ketika muncul konfirmasi "Would you like to formatted it now?".


Selanjutnya ImgBurn akan melakukan format terhadap Disk dan akan melanjutkan dengan proses burning. Tunggu prosesnya sampai selesai.


Ketika proses burning selesai, CD atau DVD akan di-eject, masukkan kembali secara manual lalu klik "OK".


Selanjutkan proses Verifikasi akan dijalankan. Tunggu sampai ada pesan "Operation Succesfully Completed",


klik "OK" dan anda sudah bisa mengeluarkan CD atau DVD dari drive. Selanjutnya CD atau DVD hasil burning tersebut sudah bisa digunakan untuk meng-instal Windows atau Linux.

1 Response to "Cara Burning File ISO Windows Atau Linux"