Mengenal Malware Atau Virus Komputer

Pada umumnya, segala program yang bisa menimbulkan masalah pada sistem komputer, orang- orang menganggapnya sebagai virus. Padahal virus hanyalah salah satu dari sekian banyak program yang bisa menimbulkan masalah pada sistem komputer, atau salah satu bagian dari Malicious Software (Malware). Malware adalah segala jenis program atau software yang diciptakan dengan tujuan untuk menimbulkan masalah atau kerusakan pada sistem komputer.

Malware bisa dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu Virus dan Spyware. Secara teknis, Virus komputer bisa didefenisikan sebagai bagian dari Malware yang didesain sedemikian rupa untuk mengacaukan sistem komputer, misalnya dengan menghapus file atau malah mengambil alih sistem komputer untuk menyerang sistem komputer lainnya.

Bagaimana Virus bisa menginfeksi sistem komputer?. Biasanya, virus disembunyikan dalam program atau software, dan ketika anda menginstal software tersebut, virus tersebut juga ikut loading ke memory ke komputer. Dari situ, virus akan mencari program lainnya yang bisa digunakan, dan jika virus menemukan program yang bisa dimanfaatkan maka virus tersebut akan meng-infeksi program itu dan selanjutnya menjalankan tujuannya. Sebagian besar software yang mengandung virus adalah yang didownload dari situs- situs file sharing. Cara lain yang biasa digunakan untuk menyebar virus adalah melalui email, USB, CD atau network.

Beberapa jenis malware:

1. Virus, yaitu program- program yang bisa mengganggu pengoperasian komputer.
2. Rootkit, yaitu program yang dirancang untuk menyembunyikan proses dari malware sehingga sulit dideteksi, yang memungkinkan untuk mengakses komputer dari jauh.
3. Bootkit, yaitu sejenis rootkit yang menginfeksi Master Boot Record.
4. Trojan Horse, yaitu program yang jika terinstal dalam sebuah komputer, maka hacker bisa menggunakannya untuk mengakses komputer tersebut, biasanya dibarengi dengan backdoor.
5. Worm, yaitu program yang bisa meng-copy dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lain melalui jaringan.
6. Ransomware, yaitu program yang bisa mengunci komputer dan meminta pembayaran tebusaan.
7. Adware, yaitu program yang bisa secara otomatis menampilkan materi- materi iklan baik berupa banner atau pop-up yang memungkinkan seseorang mendapatkan poin jika anda melakukan klik.
8. Keylogger, yaitu program yang bisa merekam aktifitas keyboard yang memungkinkan untuk mengetahui password seseorang.
9. Spyware, yaitu program yang bisa memata- matai sehingga memperoleh informasi tanpa sepengetahuan anda.

Sebagai solusi dalam mengatasi masalah Malware atau Virus, anda bisa lihat:

Solusi Masalah Malware
Cara Membersihkan Komputer Dari Infeksi Virus atau Malware
Menggunakan Anti Virus Rescue Disk Untuk Menghapus Malware Atau Virus
Daftar Program Anti Malware atau Anti Virus

0 Response to "Mengenal Malware Atau Virus Komputer"

Post a Comment