Shutdown Komputer Otomatis Dengan Task Scheduler

Jika anda ingin keluar rumah sementara komputer anda masih sementara melakukan download file yang penting bagi anda, tentu hal terbaik yang anda lakukan adalah dengan tetap menyalakan komputer untuk melanjutkan download dan setelah itu komputer akan shutdown secara otomatis. Tapi bagaimana caranya melakukan shutdown atau mematikan komputer secara otomatis?. Untuk melakukan hal ini anda bisa gunakan Task Scheduler. Cara shutdown komputer otomatis dengan Task Scheduler adalah sebagai berikut:

1. Buka Task Scheduler sebagai Administrator. Task Scheduler bisa diakses melalui Administrative Tools dalam Control Panel atau dengan mengetik Task Scheduler dalam kotak search.

2. Ketika Task Scheduler telah terbuka, klik Task Scheduler Library.


3. Selanjutnya klik "Create Task" pada panel "Action".


4. Pada window Create Task bagian General, beri nama task yang yang inginkan, kemudian tandai "Run whether user log on or not" dan "Run with highest priviledges". Dan pada "Configure for", pilih sesuai dengan versi Windows yang anda gunakan. Setelah semua anda lakukan, klik "OK".


5. Selanjutnya pada bagian Action, klik "New". Kemudian pada window New Action, pilih "Start a program" pada bagian "Action" dan pada bagian "Program/script" ketik shutdown.exe, dan pada bagian "Add arguments" ketik /s /f, kemudian klik "OK".


6, Selanjutnya kembali ke window Create Task, klik bagian "Trigger", kemudian klik "New". Selanjutnya anda atur penggunaannya sesuai keinginan, masalah tanggal dan waktu atau apakah anda ingin melakukannya hanya satu kali atau tiap hari, biarkan "Enable" aktif. Selanjutnya klik "OK".


7. Anda bisa mengatur kondisi lainnya pada bagian "Conditions", misalnya anda ingin jika shutdown terjadi dalam kondisi komputer idle dalam waktu tertentu. Setelah anda klik "OK", anda akan diminta untuk memasukkan password akun Windows anda.


Dengan demikian anda bisa meninggalkan komputer anda dalam keadaan ON dan akan shutdown secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan.

Untuk melakukan shutdown secra otomatis, anda juga bisa menggunakan aplikasi Shutter (Lihat Cara Shutdown Komputer Secara Otomatis).

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Shutdown Komputer Otomatis Dengan Task Scheduler"

Post a Comment