Mengenal Ubuntu Linux


Ubuntu (http://www.ubuntu.com) adalah salah satu sistem operasi yang berbasis Linux Kernel dan Linux Distribution Debian. Awalnya adalah merupakan proyek dari Mark Shuttleworth yang mempunyai tujuan untuk memberikan sistem operasi yang tersedia secara gratis dan berkualitas kepada seluruh masyarakat di dunia. Konsep dasar dari Ubuntu adalah bisa digunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Oleh karena itu, Ubuntu tersedia dalam berbagai bahasa.


Ubuntu sangat mudah digunakan dan diinstal. Segera setelah anda menginstalnya, maka anda bisa langsung menggunakannnya tanpa harus melakukan aktivasi. Anda juga bisa menginstal Ubuntu dalam beberapa komputer dan bisa memberikan kepada siapa saja yang anda inginkan.

Untuk saat ini Ubuntu Desktop tersedia versi Ubuntu 12.04 LTS yang memiliki support berupa security dan pengembangan hardware sampai bulan April 2017, dan Ubuntu 13.04 yang memiliki fitur terbaru.

Beberapa keuntungan dari menggunakan Ubuntu sebagaimana Distro Linux lainnya adalah selain gratis, juga karena masalah security atau keamanan dan bisa digunakan dalam komputer tua yang memiliki hardware  berspesifikasi rendah.

Jika anda ingin mencoba menggunakan Ubuntu, maka anda bisa coba dulu menginstalnya dalam mesin virtual (Lihat Cara Instal Ubuntu 12.04 LTS Dalam Mesin Virtual VMware).

0 Response to "Mengenal Ubuntu Linux"

Post a Comment