Tips Meningkatkan Performa Atau Kecepatan Windows


Semua orang ingin memiliki sistem komputer yang cepat, namun tidak semua orang mengetahui tips untuk meningkatkan performa atau kecepatan komputer Windows. Mungkin anda masih ingat ketika pertama menggunakan komputer, semuanya berjalan cepat, tapi setelah beberapa lama, performa Windows mulai menurun, menjadi lambat. Inti dari kecepatan Windows adalah jangan menyimpan atau memfungsikan sesuatu apakah berupa file, program atau fitur yang anda tidak butuhkan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan performa atau kecepatan Windows:

1. Tingkatkan performa hard drive dengan melakukan defragment, menghapus temporary files (caranya ketik %TEMP% pada search box lalu tekan Enter. kemudian delete semua file yang terdapat dalam direktori User/AppData/Local/Temp), menghapus hibernation file, dan uninstall program lama atau yang tidak dipakai.

2. Tingkatkan performa memory dengan melakukan defragment pada page file, memindahkan page file ke storage yang lain (caranya buka System Properties > Advanced > Performance > Settings > Performance Options > Advanced > Virtual Memory > Change, hilangkan tanda pada "Automatically manage paging file size for all drives", lalu pilih drive yang diinginkan,


kemudian hapus page file dari lokasi sebelumnya yang biasanya Drive C, selanjutnya klik "Set" kemudian "OK"), dan gunakan fitur ReadyBoost.

3. Kurangi aplikasi atau program yang ikut start bersama Windows. Anda bisa lakukan disable program- program yang start bersama Windows dalam Task Manager.


4. Disable "Search Indexing". Jika anda jarang melakukan search maka sebaiknya anda disable fitur ini. Caranya ketik services.msc dalam kotak search lalu tekan Enter, kemudian cari Windows Search dan klik kanan, pilih "Properties", lalu pada bagian "Startup type" pilih "Disable" kemudian klik "OK".


5. Disable Aero. Sebaiknya anda menggunakan theme Windows 7 Basic atau Windows Classic.

6. Delete Font yang tidak digunakankan. Ketika anda menggunakan aplikasi seperti Word atau Photoshop, akan membutuhkan waktu untuk membaca semua Font yang ada, jadi sebaiknya anda menghapus Font yang anda tidak gunakan. Caranya masuk ke Control Panel > Appearance and Personalization > Fonts, kemudian klik kanan Font yang ingin dihapus lalu pilih "Delete".

7. Disable fitur Windows yang anda tidak gunakan. Masuk ke Control Panel > Programs > Turn Windows features on or off. Kemudian hilangkan tanda tik pada fitur Windows yang anda tidak gunakan.


8. Gunakan "Maximum Performance" pada Power Options.


9. Kurangi Visual Effect. Klik kanan "Computer" lalu pilih "Properties" > Advanced System Settings > Performance > Settings, selanjutnya anda bisa pilih "Adjust for better performance" untuk tidak menggunakan Visual Effect sama sekali, atau anda bisa pilih "Custom" untuk memilih Visual Effect yang anda ingin gunakan.


10. Gunakan "Solid Colour" sebagai Background, jangan gunakan wallpaper atau gambar.


11. Lakukan scan Malware atau Virus. Anda bisa gunakan Malwarebytes atau dengan cara dalam post Cara Ampuh Menghilangkan Virus Komputer.

0 Response to "Tips Meningkatkan Performa Atau Kecepatan Windows"

Post a Comment