Cara Menghentikan Permintaan Restart Setelah Instal Windows Updates


Secara berkala Windows mengeluarkan update atau patch untuk meningkatkan security atau performa sistem operasi Windows. Setelah update tersebut di-instal sering muncul permintaan untuk melakukan restart untuk menyempurnakan instalasi update tersebut.


Tapi yang menjadi masalah adalah kadang tanpa anda inginkan, Windows restart dengan sendirinya, terutama jika komputer anda dalam keadaan idle. Hal ini tentu bisa membuat pekerjaan anda yang tidak tersimpan akan hilang dan anda harus mulai lagi dari awal. Tapi anda bisa menghilangkan atau disable permintaan restart tersebut. Cara menghilangkan permintaan restart setelah instal Windows Updates adalah dengan melakukan edit dalam Group Policy sebagai berikut:

1. Tekan tombol WINDOWS + R untuk memunculkan RUN, lalu ketik gpedit.msc dalam RUN kemudian tekan ENTER atau klik "OK".


2. Selanjutnya dalam Local Group Policy Editor navigasi ke Computer Configuration > Administrative Template > Windows Component > Windows Update. Kemudian klik kanan "No auto-restart with log on users for scheduled automatic updates installation" dan pilih "Edit".


3. Selanjutnya klik "Apply" > "OK".


Cara lain yang anda gunakan untuk menghilangkan atau disable permintaan restart setelah instal updates adalah dengan memberikan perintah sc stop wuauserv dalam Command Prompt.

1 Response to "Cara Menghentikan Permintaan Restart Setelah Instal Windows Updates"

  1. trimksih mas info ny sngat brmanfaat, tp saya gagal mncobanya utk windows7, kemudian saya coba pd komputr lain yg menggunakan windows xp dan berhasil,
    apa bs tlong mas beri solusi lain jika saya menggunakan windows 7 ?
    terimakasih :)

    ReplyDelete