Cara Refresh Windows 8


Jika anda mengalami masalah dengan Windows 8, misalnya sistem jadi sangat lambat atau kadang freeze, maka sebelum anda putuskan untuk instal ulang, sebaiknya anda lakukan dulu salah satu fitur untuk repair Windows 8, yaitu Refresh. Refresh dalam Windows 8 adalah proses reinstall Windows namun tetap mempertahankan file pribadi, settings, aplikasi bawaan dan aplikasi yang diinstal dari Windows Store. Cara refresh Windows 8 adalah sebagai berikut:

1. Anda bisa melakukannya dari dalam Windows 8 jika bisa booting masuk ke Desktop pada Charm Bar > Settings > Change PC Settings > General > Klik "Get Started" pada bagian "Refresh your PC without affecting your file" , atau melalui "Advanced Startup Options"  pada bagian "Troubleshooting" (Lihat Cara Repair Windows 8).
2. Siapkan DVD Installer Windows 8, atau anda bisa lakukan tanpa menggunakan DVD Installer seperti yang saya lakukan (Lihat Refresh / Reset Windows 8 Tanpa DVD Installer).
3. Jika anda sudah siap, klik "Refresh your PC".
4. Selanjutnya akan muncul pesan seperti "Your files and personalization settings won't change.....", klik "Next".


5. Setelah restart, pilih atau klik akun anda.


6. Selanjutnya ketik password akun anda lalu klik "Continue".


7. Windows akan melakukan checking dan ketika muncul pesan "All ready to go,  make sure your PC is plugged in. This will take a few minutes". Jika anda benar- benar telah siap untuk melakukan refresh, klik "Refresh".


8. Setelah anda klik "Refresh", maka proses refresh akan mulai, anda tinggal menunggu sampai prosesnya selesai. Setelah selesai, maka anda sudah bisa langsung masuk ke Windows 8.


Sedangkan jika anda ingin melakukan Refresh dengan tetap mempertahankan aplikasi- aplikasi yang anda instal dari internet atau disk, anda bisa lihat postingan Cara Refresh Windows 8 Dengan Custom Image.

4 Responses to "Cara Refresh Windows 8"

  1. apakah file yang sudah di instal akan terhapus atau tidak gan... ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau file yang sudah instal maksudnya adalah aplikasi atau program, maka akan terhapus, kecuali aplikasi yang diinstal dari Windows Store. Kalau mau tetap mempertahankan semua aplikasi, gunakan Refresh dengan Custom Image.

      Delete
    2. berarti ta buat dulu custum imagenya.. seperti yang agan jelskan di atas.. terimakasih telah berbagi... :)

      Delete
    3. Makasih jg. Iya, instal dulu aplikasi favorit agan, trus buat custom image. Kalo ada masalah, bisa kembali ke kondisi yang tersimpan dalam custom image tsb.

      Delete