Solusi Masalah "The file is too large for the destination file system"

Apakah anda pernah mengalami ketika memindahkan sebuah file ke external hard drive dan mendapat pesan "The file is too large for the destination file system"?, sementara file yang anda hendak pindahkan hanya 4.2 GB, dan anda yakin bahwa kapasitas external hard drive masih di atas 100 GB. Saya juga pernah mengalami masalah seperti ini. Masalah ini saya alami karena ternyata file system external hard drive saya adalah berformat FAT32, sementara FAT32 hanya bisa menyimpan file dengan size maksimal 4 GB.dan untuk FAT16 maksimal 2 GB. Untuk itu, sebagai salah satu solusi masalah "The file is too large for the destination file system" adalah dengan melakukan convert atau mengubah format FAT32 menjadi format NTFS.
Untuk melakukan convert dari FAT atau FAT32 ke NTFS, lakukan langkah- langkah berikut:
1. Perhatikan dengan baik Drive Letter drive yang hendak anda convert, misalnya (F:).
2. Buka Command Prompt dan ketik chkdsk f: /f lalu tekan "Enter", dimana f adalah drive letter. Perintah ini untuk memeriksa error pada drive dan memperbaikinya secara otomatis.
3. Selanjutnya ketik perintah convert f: /fs:ntfs lalu tekan "Enter".
4. Jika anda mendapat pesan:
    The type of the file system is FAT32.
     Enter current volume label for drive F: (ketik nama drive di sini, misalnya Verbatim).


5. Proses convert akan berjalan beberapa saat dan akan muncul pesan bahwa proses telah berjalan dengan sukses. Setelah hard drive sukses di-convert ke NTFS, maka anda sudah bisa menyimpan file yang size-nya lebih dari 4 GB.

Solusi lainnya dari masalah "The file is too large for the destination file system" adalah dengan menjadikan file yang size-nya di atas 4 GB menjadi beberapa bagian, lihat postingan Cara Memilah / Split File Menjadi Beberapa Bagian. Dengan cara ini anda tidak perlu melakukan convert drive anda menjadi NTFS. Pilih yang sesuai dengan keinginan anda. Wassalam.


5 Responses to "Solusi Masalah "The file is too large for the destination file system""

  1. agak sulit di mengerti ,, tapi berhasil praktekinya ..
    sangat membantu , makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau akhirnya berhasil. Ikut senang kalau ada yg bisa mengambil manfaat dari isi blog ini.

      Delete
  2. Mas mohon Bantu ane nyoba tapi ada tulisan $recycle bin$ error gitu gimana mas buatnya supaya bisa di convert pliss fast respond

    ReplyDelete
  3. Mas mohon Bantu ane nyoba tapi ada tulisan $recycle bin$ error gitu gimana mas buatnya supaya bisa di convert pliss fast respond

    ReplyDelete
  4. Wow keren... Sangat menolong.
    apa bedanya FAT32 dan NTFS ?

    ReplyDelete