Cara Memilah / Split File Menjadi Beberapa Bagian

Jika anda memiliki satu file yang size-nya lebih dari 4 GB, misalnya file yang merupakan image dari DVD, tentu untuk memindahkannya ke drive lain agak repot juga, butuh waktu agak lama. Kalau drive lain yang anda miliki itu diformat dalam bentuk FAT32, malah tidak bisa, karena FAT32 hanya bisa menampung file yang size-nya maksimal 4 GB. Jika anda mengalami masalah seperti ini, maka untuk menjadikan lebih mudah adalah dengan memilah atau split file tersebut menjadi beberapa bagian, sehingga untuk memindahkannya tidak butuh waktu lama, dan drive yang berformat FAT32 juga bisa menampungnya.
Sebagai cara memilah atau split file menjadi beberapa bagian, anda bisa gunakan File Splitter. Langkah- langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Setelah anda download File Splitter, buka dan pilih opsi "Split file".
2. Klik "Browse" pada bagian "Source file" untuk memilih file yang ingin anda jadikan beberapa bagian.
3. Selanjutnya klik "Browse" pada bagian "Destination folder" untuk memilih lokasi tempat menyimpan file yang di-split.
4. Anda bisa pilih salah satu dari "Size of chunk", kemudian klik tombol "Split", maka File Splitter akan menjadikan file yang pilih menjadi beberapa bagian dan menyimpannya dalam folder yang anda pilih sebagai "Destination folder".
File yang anda split tersebut akan diberi nama "chunk001 dan seterusnya". Misalnya file yang anda split adalah FileGede.iso, maka hasil split-nya akan menjadi FileGede.iso.chunk001, FileGede.iso.chunk002 dan seterusnya.


Jika anda ingin menggabungkan kembali file yang telah di-split, maka pilih opsi "Join files", kemudian klik "Browse" pada bagian "Source chunk" dan pilih salah satu file "chunk", selanjutnya klik "Browse" pada bagian "Destination file" dan pilih lokasi serta beri nama file-nya. Ingat, anda anda harus beri nama file tersebut beserta dengan extension-nya, misalnya FileGede.iso, agar Windows bisa mengenali file tersebut. Selanjutnya klik tombol "Join" dan File Splitter akan menggabung file yang telah di-split menjadi beberapa bagian tadi menjadi satu, sebagaimana file awalnya.

4 Responses to "Cara Memilah / Split File Menjadi Beberapa Bagian"

  1. Mantaaaapppp Gan...
    Sharenya berguna skali nehhh... :beer:
    .
    .
    ga banyak basa basi langsung ane praktekin tip'snya gan...
    Semoga agan di beri kemudahan dan rejeki yang besar oleh-Nya
    .
    .
    Thanx

    ReplyDelete