Dual Boot Windows 7 Dengan Backtrack

Jika sekarang anda telah menggunakan Windows 7 dan bermaksud mencoba menggunakan BackTrack, yang merupakan sistem operasi berbasis Ubuntu dan diminati oleh para penetration tester, maka anda bisa meng-instalnya dengan sistem dual boot. Untuk melakukannya, anda bisa download dulu BackTrack 5 R3 di http://www.backtrack-linux.org, anda bisa pilih antara 32 bit atau 64 bit, KDE atau GNOME, dan kalau koneksi internet anda lambat, sebaiknya download menggunakan Torrent. Setelah anda download file ISO BackTrack, anda bisa pilih antara membuat BackTack Live dalam DVD dengan menggunakan ImgBurn atau USB dengan menggunakan Rufus / UNetbootin. Cara instal dual boot Windows 7 dengan BackTrack adalah dengan melakukan langkah- langkah berikut:

1. Lakukan boot dengan BackTrack Live DVD atau USB.
2. Ketik perintah startx untuk menampilkan Graphical User Interface (GUI) BackTrack.
3. Setelah anda dalam GUI BackTrack, double-click icon Install BackTrack pada sudut kiri atas untuk memulai instalasi, lalu klik "Forward".
4. Pilih lokasi dan zona waktu lalu klik "Forward".
5. Pilih Keyboard Layout lalu klik "Forward".
6. Selanjutnya pilih "Install them side by side, choosing between them each startup" lalu klik "Forward". Ini adalah cara yang mudah karena anda tidak perlu mengatur partisi, cuma pastikan partisi tempat instalasi Windows 7 mencukupi, sebaiknya minimal 100 GB.
7. Ketika muncul pesan "Write previous changes to disk and continue?", klik "Continue".
8. Selanjutnya klik "Install" untuk memulai proses instalasi BackTrack. Proses instalasi ini akan membutuhkan  waktu yang agak lama. Setelah selesai, anda bisa lanjut menggunakan BackTack Live atau bisa juga langsung restart untuk menggunakan BackTrack yang sudah ter-instal dalam hard drive komputer anda. Default user name BackTrack adalah root, dengan password toor.

Dengan cara di atas, maka yang menjadi sistem operasi default adalah BackTrack,jadi BackTrack akan booting lebih dulu dan anda bisa masuk ke Windows 7 dengan memilih "Windows 7 loader" pada daftar bagian bawah dan menekan tombol "Enter". Tapi jika anda ingin menjadikan Windows 7 sebagai sistem operasi default, maka anda harus membuat menu dual boot dulu dengan menggunakan EasyBCD dalam Windows 7. Buka EasyBCD dan klik "Add New Entry", kemudian klik Linux/BSD. Selanjutnya pada bagian "Type", pilih "GRUB 2", pada bagian "Name" anda bisa berikan nama yang anda inginkan untuk BackTrack dalam menu dual boot, dan pada bagian "Drive" biarkan pilihan "Automatically locate and load". Selanjutnya klik "Add Entry".


Setelah menggunakan EasyBCD, anda harus menjadikan Windows 7 mengambil alih proses booting lebih dulu, caranya adalah dengan melakukan booting dari DVD instalasi Windows 7 anda dan pilih opsi "Repair your computer", selanjutnya pilih opsi "Command Prompt" dan ketik perintah bootRec.exe /fixmbr kemudian tekan "Enter". Setelah anda restart komputer, maka Windows 7 akan booting lebih dulu sebagai sistem operasi default dan BackTrack akan menjadi sistem operasi pilihan kedua.

Untuk memilih opsi lain dalam melakukan dual boot Windows 7 dengan BackTrack, silakan lihat postingan Cara Dual Boot BackTrack & Windows.
Selamat mencoba.

2 Responses to "Dual Boot Windows 7 Dengan Backtrack"

  1. gan ane uda install kayak cara agan di atas.tp pas uda reboot setelah install selesai bootingnya ttp ke windows.gmn itu ya gan?mohon pencerahannya gan

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi apa ada opsi untuk masuk ke Backtrack?, Kalao ga ada berarti instal backtracknya ga sukses. Krn setiap instal seperti cara di atas, pasti secara default booting ke backtrack.

      Delete