Menghapus Ubuntu Dual Boot Windows 8


Jika anda menginstal Ubuntu sebagai dual boot dengan Windows 8 dan bermaksud untuk membuangnya dengan alasan tertentu, maka anda tidak bisa langsung saja melakukan format atau delete partisi Ubuntu dari Windows. Jika anda melakukan hal tersebut, memang Ubuntu akan terhapus, tapi anda juga tidak bisa booting masuk ke Windows. Untuk mencegah hal ini, maka cara yang seharusnya anda tempuh untuk menghapus Ubuntu dual boot dengan Windows 8 adalah sebagai berikut:

1. Sebaiknya anda melakukan back-up drive secara keseluruhan dulu sebagai antisipasi jika terjadi hal- hal yang tidak diinginkan. Anda bisa menggunakan aplikasi gratis seperti Paragon Backup and Recovery.
2. Setelah melakukan backup, start komputer anda lalu pilih Windows, dan tekan tombol F8 sampai muncul menu untuk masuk ke opsi "Repair Your Computer". Dalam opsi System Recovery, pilih "Command Prompt" dan ketik perintah bootrec /fixmbr dan bootrec /fixboot dengan menekan Enter pada masing- masing perintah. Dengan perintah ini, maka menu dual boot akan dihilangkan dan anda akan langsung boot masuk ke Windows.
3. Masuk kembali ke Windows, tekan tombol Logo Windows + R dan ketik diskmgmt.msc dalam Run lalu tekan Enter untuk membuka Disk Management.
4. Dalam Disk Management, cari partisi yang merupakan partisi Ubuntu Linux, klik kanan lalu pilih "Delete Volume", selanjutnya lakukan format agar anda bisa menggunakan lagi partisi tersebut.


Dengan melakukan langkah- langkah di atas dengan benar, maka Ubuntu akan terhapus dan anda pun bisa booting lagi masuk ke Windows 8.

0 Response to "Menghapus Ubuntu Dual Boot Windows 8"

Post a Comment