Cara Merekam Desktop / Screencast

Screencast adalah istilah baru untuk proses merekam kegiatan di desktop, misalnya untuk memberikan tutorial tentang Windows atau tutorial- tutorial lainnya dalam masalah komputer. Ada beberapa software yang bisa anda gunakan untuk melakukan screencast, misalnya SnagitALLCapture, tapi ada juga software gratis yang bisa digunakan sebagai cara merekam desktop atau screencast, yaitu CamStudio.
1. Setelah anda download dan instal CamStudio, maka sebelum anda memulai merekam desktop, sebaiknya anda melakukan konfigurasi opsi rekaman video. Klik Options > Video options, dan set Compressor menjadi "Microsoft Video 1", kemudian klik OK.


2. Selanjutnya lakukan konfigurasi audio pada Audio options. Pilih Microfon yang anda mau gunakan dan atur volumenya. Sebaiknya anda melakukan tes untuk memastikan konfigurasi audio yang anda gunakan tidak terlalu rendah.
3. Masuk ke Options lagi dan pastikan pada Program Options "Save settings on exit" berfungsi. Dan pada bagian "Play AVI file when recording stops" pilih "Do not play AVI file". Jangan lupa tentukan direktori untuk rekaman video.
4. Selanjutnya pada bagian Region, pilih "Full Screen".
5. Setelah anda melakukan konfigurasi, maka anda bisa mulai melakukan screencast, yaitu dengan menekan tombol "Record"


dan sebaiknya menekan tombol "Pause" jika anda ingin melakukan jeda, dan proses jeda ini bisa anda hilangkan ketika melakukan edit.
6. Setelah proses screencast dalam CamStudio selesai, maka anda bisa melakukan edit dalam Windows Movie Maker, termasuk melakukan cropping apa- apa yang anda ingin hilangkan, atau untuk menentukan titik awal dan akhir dari rekaman video anda. Sebaiknya pilih tipe file MPEG-4/H.264 untuk video anda.


1 Response to "Cara Merekam Desktop / Screencast"